3 Tips Cari Kos yang Murah dan Nyaman

Ilustrasi kamar indekos.
Sumber :
  • Pixabay/Asma

VIVA – Tidak hanya mencari rumah, mencari kos-kosan juga bukan perkara mudah. Selain nyaman, faktor utama yang biasanya menjadi perhatian adalah budget atau biaya sewa kos-kosan juga fasilitas. Terlebih bagi mahasiswa atau pun milenial. 

Merinding! Shenina Cinnamon Ungkap Pengalaman Horor Syuting Film 'Do You See What I See'

Lalu, bagaimana cara mendapatkan kos-kosan yang murah dan nyaman? Co-Founder dan Chief Technology Officer Rukita, Xu-Zonne Ho, mengatakan, kemudahan, kenyamanan, dan keamanan menjadi faktor utama para milenial dalam menentukan pilihan terbaik saat melakukan pencarian kos. 

Berikut beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan, dikutip dari berbagai sumber. 

Viral, Penjaga Kos di Jakpus Intip Perempuan Lagi Mandi dari Sela Jendela

Pilih fasilitas kos yang benar-benar penting
Pikirkan hal-hal penting yang kamu butuhkan di tempat kos. Sebagai contoh, apakah kamu mencari kos khusus wanita atau pria, atau kamu tetap merasa nyaman dengan kos campur. 

Ilustrasi kos-kosan.

Photo :
  • Toggle
Berhari-hari Tak Terlihat, Penghuni Indekos di Depok Ditemukan Tewas Membusuk

Selain itu, fasilitas di dalam kamar kos juga enggak kalah penting untuk kamu pertimbangkan, di antaranya AC, internet, kasur, lemari, kamar mandi di dalam atau luar kamar dan sebagainya. 

Ukur jarak kos ke kampus atau kantor
Salah satu pertimbangan orang-orang untuk kos adalah agar dekat dengan kampus atau kantor. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan budget lebih untuk transportasi, maka pertimbangkan untuk mencari kos yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. 

Hitung seluruh biaya kos
Jika budget kamu terbatas dan ingin mencari kos yang murah, tentu harga sewa kos harus diperhitungkan. Cari tahu biaya lain yang harus dikeluarkan selain biaya sewa kamar. 

Misalnya, apakah sudah termasuk biaya listrik, air dan internet? Jangan sampai kamu tergiur dengan biaya sewa kos yang murah tapi sebenarnya banyak biaya lain yang harus kamu keluarkan. Tentu, ini akan lebih mahal, bukan? 

Dekorasi kamar kost sempit jadi terlihat luas dan nyaman

Photo :
  • Pixabay

Di sisi lain, Rukita secara resmi telah mengakuisisi Infokost.id. Rukita menghadirkan kembali situs pencarian kos tersebut ke tengah masyarakat sejak Februari 2022. Sebelumnya Infokost.id sempat berada di bawah naungan GDP Venture, yang akhirnya secara resmi mengumumkan penutupan dan pemberhentian operasional Infokost.id pada 31 Desember 2020 lalu. 

Kini, Infokost.id secara resmi telah diambil alih oleh Rukita dan dihidupkan kembali dengan beberapa perubahan penampilan pada website-nya. Infokost.id siap menawarkan lebih dari satu juta kamar dalam listing properti infokost.id serta melayani 50.000 pemilik kos. 

"Dengan akuisisi ini kami dapat melayani lebih banyak lagi konsumen dan pemilik properti di seluruh Indonesia melalui Infokost.id. Ini merupakan satu dari serangkaian perluasan bisnis yang dilakukan Rukita di tahun 2022,” ungkap Xu-Zonne Ho, dalam keterangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya