9 Tanaman Hias Gantung Paling Cantik, Membuat Rumah Semakin Nyaman!

Petunia
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Akhir-akhir ini, tanaman hias gantung tengah menjadi favorit sebagai penghias ruangan, baik di luar rumah atau di dalam rumah. Tanaman hias gantung yang sederhana ini bisa mengubah suasana dan energi hunian rumah menjadi semakin nyaman. Bahkan, beberapa orang mengatakan bahwa teras rumah akan menentukan kesan terhadap sebuah hunian sehingga harus memberikan kesan pertama yang keren untuk rumah melalui terasnya. 

Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Jangan takut bila tanaman hias ini akan tampak membosankan, karena ada berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan gaya dan keinginan penghuni. Apalagi, harga dari tanaman tersebut terbilang murah dan terjangkau oleh siapa saja. Ditambah dengan tanaman hias ini tidak membutuhkan perawatan khusus, sehingga bisa tampak hijau dan berwarna terus menerus. Nah, berikut adalah ulasan tentang tanaman hias gantung yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Lantana

10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

Bunga Lantana

Photo :
  • pencangkul.blogspot.com

Tanaman hias gantung yang satu ini berasal dari daratan benua Amerika di wilayah tropis. Di habitat asalnya, bunga lantana ini tumbuh liar dan kerap menjalar ke dinding, pagar, dan pepohonan. Tumbuhan menjalar ini dapat dijadikan sebagai salah satu tanaman gantung lantaran mempunyai warna bunga yang cerah, seperti kuning, oranye, sampai merah jambu. 

Ada Tanaman Menjerit di Israel

Tentunya, bunga lantana ini dengan mudahnya akan langsung menarik perhatian kupu-kupu dan lebah untuk bertamu mencari nektar dalam bunga tersebut. Merawat tanaman ini juga bisa dibilang mudah. Kamu hanya perlu menggunting secara teratur di bagian ranting yang menjalar dan menyiramkan sedikit air setiap hari supaya bunga lantana ini cepat mekar. 

2. Lobelia

Lobelia

Photo :
  • Tangkapan Layar

Bagi kamu yang tidak mempunyai banyak tempat untuk merawat tanaman hias setiap hari, bunga lobelia ini merupakan tanaman hias gantung yang mudah tumbuh dalam berbagai musim. Selain itu, kamu juga tidak memerlukan berbagai perawatan. Cukup menanam bunga ini dengan cara menaburkan bibit lobelia di dalam tanah seperti tanaman biasa. 

Bila berhasil, maka pucuk tanaman hias gantung ini akan muncul dan kamu dapat memindahkannya pada pot untuk digantung di tempat yang diinginkan. Kamu bisa menggantung tanaman ini di teras untuk menambah kecantikan tampilan rumah. 

3. Geranium

Tanaman Geranium.

Photo :
  • U-Report

Ini adalah tanaman bunga yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman gantung penghias rumah. Salah satu yang dapat dijadikan adalah bunga geranium. Menariknya, selain cocok dijadikan untuk tanaman hias, bunga yang satu ini juga mempunyai fungsi untuk menghalau nyamuk. Jadi, rumah kamu bisa terhindar dari serangan makhluk kecil tersebut. 

Akan tetapi, jenis bunga yang satu ini membutuhkan cuaca yang sejuk supaya bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Jadi, kamu harus melakukan perawatan ekstra seperti menyiram untuk menjaga kelembapannya dan rajin memberikan pupuk supaya tetap subur. Dengan demikian, tanaman hias gantung ini akan tumbuh dengan baik. 

4. Begonia

Begonia Tuberhibrida.

Photo :
  • U-Report

Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui bahwa jenis tanaman hias gantung begonia ini adalah famili dekat dengan buah melon, labu, dan timun. Bahkan, diperkirakan mencapai 1.500 jenis begonia yang berasal dari Amerika, Asia Tenggara, dan Afrika. Jenis tanaman ini juga sangat cocok untuk dibudidayakan di iklim tropis dan sub-tropis, termasuk Indonesia. 

Begonia merupakan salah satu rekomendasi tanaman hias gantung yang begitu digemari karena bisa ditempatkan di beranda maupun dalam rumah. Bunga ini mempunyai bentuk daun yang padat dan ornamental. Rupa daun tanaman ini umumnya asimetris dan mempunyai variasi warna yang sangat memikat. Jenis tanaman hias gantung ini juga kerap dijadikan sebagai hadiah, lho. 

5. Anggrek

Anggrek Merpati

Photo :
  • anggrek-ist.blogspot.com

Anggrek mungkin menjadi salah satu jenis bunga hias yang sangat digemari di seluruh dunia. Daya tariknya yang sangat spesial dan elegan menjadikan jenis tanaman hias gantung ini tapak sempurna di dalam berbagai suasana. Di dunia, anggrek mempunyai ratusan jenis, sehingga membuatnya sangat beragam. Jenis tanaman ini mempunyai masa mekar yang melebihi rata-rata masa mekar bunga lain, bahkan ada yang mencapai 6 minggu. 

Bunga anggrek ini sangat cocok untuk ditanam di dalam rumah, sebagai hiasan taman dalam rumah tanpa memerlukan berbagai perawatan khusus. Bibit bunga ini cukup mudah diperoleh di Tanah Air, baik di toko online atau toko offline. Tanaman bunga anggrek ini dapat hidup di temperatur ruangan normal, rawat seadanya, dijamin bunga anggrek ini akan mekar cantik di dalam rumah. 

6. Million Bells

Million Bells

Photo :
  • Tangkapan Layar

Jika kamu menginginkan tanaman hias gantung yang kerap mekar tahunan dalam jumlah banyak, maka pilihlah million bells. Seperti namanya, bunga yang satu ini tumbuh dalam jumlah yang sangat banyak dan padat, dengan jarak yang hanya mencapai 1 inchi antara satu bunga dengan bunga yang lainnya. Daunnya juga berwarna hijau menyala dengan bentuk oval yang sangat lucu. 

Sementara untuk kelopak bunganya, tampak sangat kontras dengan warna-warni utama seperti kuning dan merah. Tanaman hias yang satu ini juga sering mengundang lebah dan burung kecil untuk menghisap nektar. Kamu hanya perlu memasang bunga ini dalam ketinggian tertentu agar dapat dicapai oleh sinar matahari dan pakailah bibit yang berkualitas agar hasilnya bisa memuaskan. 

7. Zygocactus atau Schlumbergera truncata

Zygocactus

Photo :
  • Tangkapan Layar

Bunga yang satu ini berasal dari famili kaktus, sehingga tanaman hias gantung ini memerlukan cuaca yang cukup panas untuk dapat tumbuh dengan baik. Meskipun memerlukan perawatan yang ekstra, tapi jenis tanaman Zygocactus ini dapat tumbuh lama dan juga sangat awet lantaran sifatnya yang sangat tahan panas. 

Dalam segi penampilan, bunga satu ini tampak berbeda dengan jenis kaktus yang umumnya tandus, kering, dan gersang. Bunganya dapat bermekaran dalam corak warna yang indah, mulai dari berwarna putih, merah, merah muda, sampai kombinasi warna tersebut. Bentuknya yang tunduk ke bawah ketika mekar juga memperlihatkan semakin menarik bila digantung. 

8. Portulaca

Portulaca

Photo :
  • Tangkapan Layar

Bunga ini dikatakan juga dengan moss rose, portulaca merupakan jenis bunga yang memerlukan sinar matahari dan tanah yang berpasir. Namun tidak usah khawatir, jenis tanaman hias gantung yang satu ini biasanya tidak memerlukan banyak perawatan meskipun tidak sering disiram dengan air. Jenis tanaman hias gantung portulaca sangat cocok untuk kamu yang sibuk atau pemula dalam merawat bunga. 

Selain itu, masa pertumbuhan jenis tanaman hias gantung ini juga umumnya cepat dengan berbagai pilihan warna, baik kelopak tunggal maupun kelopak ganda. Lantaran mempunyai sifat yang sangat bersahabat, dijamin kamu akan ceria dan senang bila melihat pertumbuhan bunga ini yang sangat mudah. 

9. Petunia

Petunia

Photo :
  • Tangkapan Layar

Meski mempunyai bentuk bunganya yang kecil, jangan ragukan keindahan jenis tanaman hias gantung yang satu ini. Dengan bentuk bunga yang mirip seperti hati atau oval, mahkota bunga petunia ini dapat tampil dalam kelopak tunggal maupun ganda dengan bentuk seperti terompet yang cantik. 

Tanaman hias gantung ini juga tersedia dalam beberapa warna, umumnya bunga ini mempunyai warna populer seperti putih, kuning, merah, atau kombinasi. Bila kamu mahir dalam mengembangbiakkan jenis tanaman ini, bukan tidak mungkin seluruh pot akan dipenuhinya. 

Ilustrasi pedesaan

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Penduduk pedesaan memiliki peran penting dalam keragaman demografi global. Ada negara-negara di mana sebagian besar penduduknya tinggal di pedesaan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024