8 Tanaman Hias Indoor yang Bermanfaat Menyerap Polusi Udara

Bromeliad
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Ada beberapa rekomendasi tanaman hias indoor yang tengah populer di kalangan masyarakat saat ini dan tentu saja mudah dirawat. Ragam tanaman hias indoor ini bisa kamu letakkan di ruang tamu, ruang keluarga, sampai kamar mandi. Bukan hanya untuk mempercantik ruangan, tanaman hias yang satu ini juga akan membantu sirkulasi udara menjadi lebih segar. Beberapa dari tanaman ini bahkan tidak perlu disiram terlalu sering, cukup seminggu sekali atau dua kali saja. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang sibuk bekerja atau tidak memiliki banyak waktu. 

Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa udara di dalam rumah juga tidak kalah kotor dengan yang ada di luar sana. Senyawa yang berasal dari perabotan, debu, sampai pembersih akan memperburuk kualitas rumah. Bila dibiarkan, hal ini akan membahayakan kesehatanmu. Sehingga kamu harus meletakkan beberapa tanaman yang dapat menyegarkan udara dalam ruangan. Tanaman hias ini juga mampu menggantikan oksigen alami ke dalam rumah. Nah, berikut adalah ulasan tentang tanaman hias indoor yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Dragon Tree

10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

Dragon Tree

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tanaman hias yang satu ini bisa ditemukan di Afrika, Asia Selatan, dan Australia Utara. Dragon tree atau pohon naga ini direkomendasikan untuk disimpan di dalam rumah lantaran berfungsi untuk menyerap debu. Dengan mempunyai daun yang panjang dan tepian warna warni, bunga ini dapat mempercantik ruangan atau kamar kamu. Tanaman hias indoor ini berfungsi untuk menyerap formalin dan xylene. 

Ada Tanaman Menjerit di Israel

Selain itu, dragon tree juga berfungsi untuk menyerap toluena, benzena, dan trichloroethylene. Namun, perlu diketahui bahwa tanaman ini beracun untuk hewan, jadi bila kamu mempunyai hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, jangan sampai mereka mendekati tanaman ini. Walaupun begitu, tanaman ini bisa hidup di area minim cahaya dan kamu jangan terlalu sering menyiramnya karena bisa cepat layu. 

2. English ivy (Hedera helix)

Hedera Helix, English Ivy

Photo :
  • U-Report

Bunga cantik yang bernama english ivy ini berasal dari benua Eropa dan Asia Barat, bukan Inggris. Bunga ini bisa diletakkan di dalam rumah untuk membersihkan udara dari berbagai senyawa kimiawi yang berbahaya untuk kesehatan. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis english ivy bisa hidup tanpa cahaya, bergantung dengan jenisnya. 

Ada beberapa english ivy yang hidup memerlukan cahaya matahari jadi bisa diletakkan di dekat jendela dan ada juga yang tidak memerlukan paparan sinar matahari sehingga bisa disimpan di sudut ruangan. Tanaman hias indoor ini cukup disiram beberapa kali supaya kelembapannya terjaga. Tapi, untuk manusia dan hewan harus berjaga-jaga, sebab getah dari tanaman ini bisa mengakibatkan dermatitis bila tersentuh langsung.

3. Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua atau Sanseviera

Photo :
  • Instagram/@houseofplantlovers

Tanaman ini disebut juga dengan tanaman ular dan tengah berada di puncak popularitas belakangan ini. Selain untuk memperindah ruangan dengan daunnya yang menjulang tinggi dan lurus, lidah mertua sangat efektif dalam menyaring udara dari debu, zat polutan, karbon dioksida, sampai formalin serta bermanfaat untuk menggantikannya dengan oksigen, bahkan di malam hari. 

Tanaman hias indoor ini sangat mudah dirawat, kamu tidak harus menyiram terlalu sering dan ia akan tetap tumbuh dalam suhu ruangan. Bila berbunga, bunga lidah mertua ini akan mirip dengan bunga lili. Untuk pemeliharaan dan anak-anak, jauhkan mereka dari tanaman ini dan jangan sampai ada yang menelan daunnya lantaran bisa berbahaya untuk kesehatan. 

4. Lili Paris (Spider Plant)

Lili Paris

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tanaman hias indoor berikutnya lili paris atau spider plant. Dinamakan demikian karena tanaman ini bisa tumbuh secepat gerakan laba-laba. Kamu bisa menyimpan tanaman ini di dalam pot, kemudian diletakkan di sudut rumah untuk menambah aspek estetika di ruangan. Dalam beberapa kasus, tanaman hias yang satu ini bisa mekar dengan bunga yang berwarna putih cantik. 

Menariknya, bunga ini sangat ramah untuk anak-anak dan hewan peliharaan di rumah, karena tanaman ini tidak mengandung racun. Khasiat dari lili paris ini adalah untuk menyerap polutan kimiawi seperti formalin dan xilena. Perawatannya juga sangat mudah dan tidak memerlukan banyak waktu, kamu hanya perlu menyiram dengan air cukup 2 sampai 3 kali dalam seminggu. 

5. Palem Bambu

Palem Bambu

Photo :
  • Tangkapan Layar

Selain beberapa tanaman di atas, kamu juga bisa mempertimbangkan palem bambu sebagai tanaman untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Dari segi manfaat, tanaman hias indoor ini bisa mempercantik ruangan dan juga bisa menyaring polutan udara seperti formalin, karbon monoksida, kloroform, dan lain sebagainya. 

Palem bambu bisa diletakkan di dekat jendela karena tanaman hias ini memerlukan cahaya matahari untuk bisa tumbuh. Sementara untuk daerah lembap, palem bambu sangat amat diuntungkan. Selain itu, tanaman palem bambu ini juga tidak memerlukan banyak air, jadi bisa disiram secukupnya saja. 

6. Sirih Gading

Tanaman sirih gading.

Photo :
  • U-Report

Merawat tanaman sirih gading secara berlebihan justru akan membuat tanaman hias indoor ini akan mati. Bahkan, bila sirih gading terlalu banyak terkena sinar matahari juga akan mati. Untuk penyiraman sendiri, tanaman ini harus dibiarkan terlebih dahulu sampai tanahnya mengering baru kemudian disiram dengan air. Untuk mengetahuinya, kamu hanya perlu menempelkan jari ke tanah sirih gading apakah sudah kering atau belum. 

Sehingga tanaman ini sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan dan bahkan di dalam kantor. Bila tanaman ini sudah tumbuh panjang, kamu bisa memangkasnya untuk menjaga keindahan sirih gading. Uniknya, kamu bisa menanam kembali potongannya dalam secangkir air di ambang jendela hingga akar mulai tumbuh dan pindahkan ke dalam pot bunga. 

7. Suplir

Daun Suplir.

Photo :
  • U-Report

Suplir merupakan tanaman yang sangat cantik, tapi cenderung rumit dalam perawatannya. Tanaman hias indoor ini tidak boleh menerima terlalu banyak atau terlalu sedikit air. Kmau dianjurkan untuk memasukkan bunga yang satu ini ke dalam pot tanah liat dan jangan menyiramnya dari atas. Sebagai gantinya, kamu bisa meletakkan batu kecil di piring bawah pot. 

Selain itu, letakkan air langsung di bawah piring sehingga tepat mengenai bagian bawah pot. Hal ini akan menciptakan kubah kelembapan tersendiri di sekitar tanaman. Meletakkan suplir di ruangan yang lembap, seperti kamar mandi, juga merupakan pilihan yang aman untuk tanaman ini. 

8. Bromeliad

Bromeliad

Photo :
  • Tangkapan Layar

Mempunyai rupa dan bentuk yang sangat cantik, kamu bisa meletakkan bromeliad di dalam ruangan supaya tampak semakin estetik. Tanaman yang merupakan sepupu dari nanas ini ternyata bermanfaat untuk menghilangkan senyawa berbahaya dari udara rumah sampai lebih dari 80 persen. Sebelum menempatkan bromeliad di dalam ruangan, kamu harus memastikan terlebih dahulu untuk mengukur seberapa besar ruangan kamu. 

Semakin besar sebuah ruangan, maka semakin banyak bromeliad yang harus ditanam atau ukurannya harus lebih besar supaya semakin cantik. Tanaman yang berasal dari famili bromeliaceae ini sangat cocok di suhu ruangan, sekitar 21 derajat celcius. Menariknya, tanaman ini bisa bertahan lama lantaran tunas samping yang tumbuh untuk menggantikan tamanan aslinya. 

Ilustrasi pedesaan

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Penduduk pedesaan memiliki peran penting dalam keragaman demografi global. Ada negara-negara di mana sebagian besar penduduknya tinggal di pedesaan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024