8 Tanaman Hias Kekinian, Nomor 5 Harganya Capai Jutaan!

Begonia Rex
Sumber :
  • leoleobobeo

VIVA – Tanaman hias kekinian makin dilirik kaum hawa sebagai hobi baru. Ya, hobi bertanam tanaman hias kekinian memang tampak makin digandrungi sejak beberapa tahun terakhir. Sebelumnya juga sudah banyak kaum hawa yang hobi melakukannya sebut saja seperti penyanyi papan atas Yuni Shara. Tanaman hias itu harganya ada yang sangat murah mulai dari puluhan ribu hingga ada yang seharga satu unit mobil.

Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Tanaman hias kekinian harus pintar-pintar merawat dan memilihnya karena tak sembarangan ketika diletakkan di depan rumah. Tanaman hias tersebut ada yang berasal dari luar negeri dan sudah ada yang dikembangbiakkan di dalam negeri. Apa saja? Ini dia!

1. Sansevieria

10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

Tanaman Lidah Mertua atau Sanseviera

Photo :
  • Instagram/@houseofplantlovers

Sansevieria lebih dikenal sebagai tanaman lidah mertua. Ini disebabkan karena bentuk daun yang memanjang menyerupai lidah dengan bagian ujungnya yang sangat runcing. Sejak dulu tanaman ini selalu diminati masyarakat karena desainnya yang unik serta perawatannya yang mudah. Lidah mertua yang memiliki daun tebal ini memiliki keunggulan dari ketahanannya yang mampu hidup tanpa membutuhkan banyak air. Tumbuhan sansevieria juga bisa diletakkan di dalam ruangan yang minim cahaya.

Ada Tanaman Menjerit di Israel

Sayangnya lidah mertua termasuk jenis tanaman hias yang beracun sehingga harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Kendati demikian, sansevieria bisa menjadi tumbuhan yang sangat menarik dan sejuk dipandang. Beberapa jenis sanseviera yang paling banyak diminati masyarakat adalah :

  1. Sansevieria Trifasciata
  2. Sansevieria Golden Wendy
  3. Star Sansevieria
  4. Sansevieria Cylindrica
  5. Sansevieria Pagoda
  6. Sansevieria Stuckyi
  7. Sansevieria Bagamoyensis

2. Hortensia

Hydrangea, hortensia

Photo :
  • MabelAmber

Hortensia merupakan tanaman bunga yang tumbuh secara bergerombol dengan warna yang sangat beragam, muali dari ungu, biru, merah muda, dan putih. Walaupun cocok dengan iklim di Indonesia, tanaman hias ini tidak tumbuh liar sehingga jarang dikenal oleh masyarakat awam. Sebelum dimanfaatkan sebagai tanaman hias di halaman rumah, hortensia berbentuk semak yang bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 3 meter. Oleh masyarakat Indonesia, bunga hortensia dipelihara dalam pot kecil agar bisa tumbuh dengan ukuran lebih kecil sebagai hiasan. Macam-macam spesies hortensia yang cukup unik dan menarik sebagai tanaman hias adalah :

  1. Hortensia Blue Bonnet
  2. Hortensia Big Daddy
  3. Hortensia Nigra
  4. Hortensia Berlin Rabe
  5. Hortensia Normalis
  6. Hortensia Blue Bird

3. Monstera

Monstera Deliciosa

Photo :
  • The Shill

Monstera juga termasuk tanaman yang tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti di Indonesia. Ciri khas tanaman hias daun ini terletak pada lembaran daunnya yang memiliki beberapa ruang di bagian tengahnya. Sebagai tanaman yang bentuknya unik, monstera ternyata masuk dalam jenis tanaman hias yang bagus untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena tumbuhan ini tetap mengeluarkan oksigen dan menyerap karbondioksida di malam hari. Hebatnya lagi, monstera juga mampu menyerap zat berbahaya seperti formaldehida yang bisa merusak tubuh. Beberapa spesies monstera yang cukup populer sangat banyak, di antaranya :

  1. Monstera Adansoni (Janda Bolong)
  2. Monstera Deliciosa
  3. Monstera Obliqua
  4. Monstera Borsigniana
  5. Monstera Dubia
  6. Mini Monstera
  7. Monstera Siltepecana
  8. Monstera Variegata

4. Adenium

Monstera Deliciosa

Photo :
  • The Shill

Sejak akhir 2019 sampai 2021, tanaman ini terus diburu oleh penggemar bunga. Dari sekian banyak jenis monstera, spesial monster deliciosa tergolong yang paling populer. Tanamannya yang bisa tumbuh besar biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman di sudut atau sisi ruangan. Berbeda dengan monstera lainnya yang bolong-bolong dan tertutup pada bagian sisinya, monstera deliciosa justru terlihat seperti daun yang terbelah-belah dan pinggirnya tidak tertutup.

Ukuran daunnya juga bisa sangat lebar, bahkan melebihi tanaman jenis kuping gajah. Keberadaan monstera deliciosa ini masih mudah ditemukan, sehingga harganya tidak terlalu tinggi. Kisaran harga dari yang berukuran kecil sampai paling besar hanya sekitar Rp55.000,00 sampai di atas Rp4.950.000,00.

6. Monstera Obliqua

Monstera atau janda bolong obliqua

Photo :
  • YouTube

Masih dari spesies monstera, tanaman kekinian selanjutnya adalah monstera obliqua. Tanaman ini terbilang paling langka di antara monstera lainnya. Tidak heran apabila harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah sehingga masuk kategori tanaman hias yang sedang populer 2021.

Walau sekilas terlihat seperti janda bolong, jenis monstera obliqua memiliki beberapa perbedaan yang cukup unik dan jarang diketahui masyarakat awam. Inilah yang menyebabkan beberapa orang menjual janda bolong dengan nama monstera obliqua agar harganya mahal. Padahal, spesies obliqua sangat langka dan sulit ditemukan sekalipun di habitat aslinya. Bentuknya juga agak berbeda, karena obliqua memiliki lubang yang tidak beraturan seperti janda bolong. Ukuran lubangnya juga jauh lebih besar dibandingkan janda bolong.

7. Calathea Cynthia

Calathea Black Lipstick

Photo :
  • Twitter @RoySparringa

Dari keluarga calathea, tanaman hias kekinian yang paling diburu adalah jenis calathea cynthia. Tumbuhan ini memiliki ciri khas dari motif dan warna daunnya yang terbilang cukup unik. Kalau dilihat dari warnanya, cynthia dibedakan menjadi dua jenis, yakni cynthia merah dan putih. Calathea merah ditandai dengan warna tulang daun dan pinggir daunnya yang berwarna merah. Sementara bagian tengahnya berwarna hijau tua. Sedangkan calathea putih memiliki warna putih pada tulang daun dan pinggirannya.

Meski demikian, warna dasar calathea sebenarnya merah, sehingga bagian belakang daunnya semua berwarna merah. Sebagai salah satu bunga kekinian, tanaman ini cukup mudah ditemukan. Inilah yang membuat harganya masih terjangkau, yakni sekitar 130 sampai 200 ribu.

8.Begonia Rex

Begonia/tanaman hias.

Photo :
  • Freepik/freepik

Keluarga begonia ternyata juga menjadi jenis tanaman hias kekinian yang memberikan kebanggaan bagi pengoleksinya. Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi ini sudah banyak dijual di pasaran. Salah satu jenis begonia yang sangat terkenal adalah jenis begonia rex.

Keindahan begonia ini terletak pada bentuk daunnya yang mirip hati. Ukuran daun begonia yang unik ini cukup bervariasi, yakni berkisar 15 sampai 25 cm. Selain menarik dari segi bentuknya, begonia juga tampak indah dari motif dan variasi warna pada daunnya. Beberapa warna begonia yang bisa ditemukan saat ini adalah merah, ungu, merah muda, putih, dan hijau. Sementara motifnya juga berbeda-beda, ada yang garis-garis dan bergerigi.

Ilustrasi pedesaan

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Penduduk pedesaan memiliki peran penting dalam keragaman demografi global. Ada negara-negara di mana sebagian besar penduduknya tinggal di pedesaan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024