Mau Jual atau Beli Hunian, Ini 5 Keuntungan Pakai Jasa Agen Properti

Ilustrasi rumah/hunian.
Sumber :
  • Freepik/xb100

VIVA – Jika sedang bersiap untuk membeli atau menjual rumah, Kamu mungkin mempertimbangkan pro dan kontra memakai jasa agen real estat atau agen properti. Dalam artikel kali ini, VIVA akan memberikan sejumlah keuntungan memakai jasa agen properti saat menjual atau membeli hunian.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Hal ini karena belum banyak orang yang menyadari pentingnya menggunakan jasa mereka. Apalagi jika satu-satunya alasan Kamu tidak menyewa jasa mereka adalah untuk menghemat uang dengan tidak membayar biaya dan komisi. Itu berarti Kamu mengabaikan manfaat utama dari memakai jasa agen properti.

Lantas, apa yang dilakukan agen properti dan bagaimana mereka membuat transaksi kita menjadi lebih mudah? Berikut adalah lima keuntungan memakai jasa agen properti, bagi penjual, pembeli maupun investor properti, dilansir dari laman Mashvisor, Minggu, 10 April 2022.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

1. Agen memiliki pengetahuan market yang luas

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/schantalao
Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Tidak ada yang memahami tren dan kondisi pasar real estat saat ini lebih baik daripada agen. Jika Kamu seorang investor properti, ini adalah salah satu alasan dan manfaat utama menyewa agen properti. Agen top berpengalaman dengan semua aspek pasar perumahan, terutama bagaimana faktor yang berbeda seperti suku bunga hipotek atau KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dan tingkat pengangguran dapat mempengaruhinya.

2. Agen memiliki jaringan profesional

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/vanitjan

Agen properti adalah profesional di jaringan mereka. Mereka tahu hampir semua orang yang terlibat dalam proses jual beli rumah. Banyak yang akan memiliki daftar penyedia pilihan yang pernah bekerja sama dengan mereka dan yang mereka percayai. Ini adalah salah satu manfaat menyewa agen properti yang akan sangat membantu pembeli dan penjual.

3. Agen memiliki keterampilan negosiasi yang unggul

Ilustrasi hunian.

Photo :
  • Pexels/Binyamin Mellish

Pembeli dan penjual menginginkan satu hal: mendapatkan kesepakatan properti erbaik. Untuk mencapainya, Kamu harus memiliki keterampilan negosiasi yang cerdas. Negosiasi langsung dengan pembeli atau penjual adalah hal sulit, yang merupakan alasan lain mengapa Kamu bisa menggunakan agen properti.

Mereka tentu saja terampil karena memiliki pengalaman negosiasi selama bertahun-tahun. Mereka tahu apa yang biasanya berhasil dan apa yang tidak. Selain itu, sudah menjadi tugas agen Kamu untuk selalu berusaha memberikan harga terbaik untukmu, baik ketika Kamu menjual atau membeli properti investasi.

4. Agen memberikan panduan harga yang berharga

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Sebagai pemilik rumah, Kamu mungkin berpikir Kamu tahu berapa harga rumahmu. Tetapi apakah harga yang Kamu dapatkan masuk akal? Seringkali, emosi dapat mengaburkan perspektifmu yang akan mengarah pada melebih-lebihkan nilai rumah Kamu.

Satu-satunya untuk mengetahui dengan pasti adalah dengan mengidentifikasi perusahaan real estat yang mengonfirmasi bahwa Kamu berada dalam kisaran yang tepat. Ini akan membantumu menjual dengan harga optimal atau membeli dengan harga yang tepat. Tapi, cara yang lebih mudah adalah bekerja sama dengan agen properti.

5. Agen akan membantu mengemat waktu dan tenagamu

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/wirestock

Menutup transaksi properti biasanya merupakan proses yang sulit dan panjang. Namun, bekerja dengan agen properti dapat membuat prosesnya lebih mudah. Jika ingin menjual properti, agen akan menangani rumah terbuka dan menunjukkan tempatnya sehingga Anda tidak perlu membuat semua janji itu sendiri.

Agen penjual juga akan menyaring semua panggilan telepon menjengkelkan yang tidak mengarah ke mana-mana dan, karenanya, membantu Kamu mengidentifikasi pembeli yang serius.

Jika Kamu seorang pembeli, agen juga akan melindungi Kamu dari kebanjiran panggilan telepon dan taktik pemasaran penjual.

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Nah, baru-baru ini, setelah sukses menyelenggarakan Golden Property Awards 2021 bersama dengan Indonesia Property Watch (IPW), Rumah123.com bagian dari 99 Group, kembali hadirkan ajang penghargaan bergengsi untuk para pelaku industri properti di Tanah Air, Agent Awards Jawa Barat 2022.  

Beda dengan Golden Property Awards yang dihadirkan untuk mengapresiasi para developer, ajang satu ini diperuntukkan khusus bagi agen properti yang tergabung dalam Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) area Jawa Barat. 

Dengan menggandeng AREBI yang merupakan organisasi resmi para real estate broker di Indonesia, mereka ingin menyediakan platform untuk meningkatkan citra, prestise, dan pengakuan agen properti di mata konsumen. 

Rangkaian acara yang telah dimulai sejak November 2021 ini telah melakukan proses seleksi dan penilaian yang ketat, dengan panel juri yang merupakan profesional di industri properti. Puncak acara Agent Awards Jawa Barat 2022 sendiri diadakan secara offline dan online pada 6 April, 2022, bertempat di Hotel Pullman, Kota Bandung, dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku sesuai anjuran pemerintah.

Ilustrasi hunian

Photo :
  • Pexels/Pixabay

“Kami ingin memberikan penghargaan dan bukti apresiasi atas kerja keras serta kontribusi yang sudah diberikan oleh para agen properti selama ini. Untuk edisi pertama ini memang kami awali secara regional terlebih dahulu, dimulai dari tingkat provinsi, yakni se-Jawa Barat," ujar CEO 99 Group Indonesia, Wasudewan dalam keterangannya.

Dalam edisi perdananya ini, Agent Awards Jawa Barat 2022 berhasil menarik minat yang luar biasa dari para pelaku bisnis properti. Tercatat peserta yang terdaftar sebanyak 500 agen properti terkemuka yang berasal dari 31 kantor agen dengan asal Kota Bandung, Bogor, dan Bekasi. 

“Antusiasme yang sangat tinggi dari agen properti se-Jawa Barat yang mengikuti Agent Awards 2022 tentu jadi hal yang sangat positif. Kami melihat adanya semangat para pebisnis properti yang ingin terus meningkatkan kualitas pelayanannya, serta membangun jejaring yang lebih kuat dengan pelaku usaha properti lainnya di Indonesia,” papar Wasudewan.

Untuk Agent Awards Jawa Barat 2022, terdapat 23 kategori penghargaan bergengsi yang diperebutkan oleh para peserta, dengan tiga nominasi tertinggi, yakni Best of The Best Agency Office by Primary Transaction, Best of The Best Agent, dan Best of The Best Agency Office. 

Para pemenang penghargaan dapat membawa pulang hadiah menarik, berupa trofi, piagam, hadiah puluhan juta rupiah, serta slot iklan premium dan kesempatan untuk tampil di program unggulan Rumah123.com.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya