Tips Dekor Ruang untuk Rumah Minimalis

Ruang Tamu
Sumber :
  • Pixabay/ StockSnap

VIVA – Saat ini konsep rumah minimalis sedang menjadi tren. Konsep hunian minimalis yang mengedepankan unsur kesederhanaan, ternyata juga bisa menjadikan tempat tinggal terlihat lebih indah dipandang tanpa ada banyak dekorasi. 

Target Nilai Proyek Dinaikkan 2024, Mitrarumah Perkuat Pemasaran Produk di Jabodetabek

Untuk mendapatkan rumah minimalis yang nyaman, tentunya kita harus pandai dalam menata dan memilih barang-barang sebagai bagian dari dekorasi rumah.

Dalam webinar Shopee 6.6 Rumah & Hobi Sale, Kamis, 2 Juni 2022, Owner dari Home Decor Yogya, Sismi Rahayu membagikan beberapa tips yang dapat dilakukan saat ingin mendekorasi rumah menjadi lebih minimalis. Berikut tips yang dapat digunakan:
 
1. Pilih dekorasi berbahan dasar kayu

Penuhi Kebutuhan Rumah Bagi Pekerja, BPJS Ketenagakerjaan dan Perumnas Jalin Sinergi

Hiasan Dinding dari Kayu

Photo :
  • ist

Pemilihan dekorasi berbahan dasar kayu dirasa tepat jika ingin menggunkan konsep minimalis dalam menata rumah. Dekorasi dari kayu bukan hanya terlihat antik dan sederhana, tetapi juga bisa sangat kuat dan kokoh terlebih warna yang dihasilakan merupakan earth tone sehingga rumah akan mengeluarkan kesan hangat di dalamnya. Dalam penataannya, Sismi Rahayu mengungkapkan bahwa kayu pinus merupakan pilihan kayu terbaik jika ingin mendapatkan kesan minimalis karena dari segi warna dan serat, kayu pinus merupakan yang terbaik.
 
2. Gunakan warna-warna yang tidak mencolok

Ayu Ting Ting Syukuran Rumah Baru, Seberapa Mewah?

Ilustrasi perabot rumah minimalis.

Photo :
  • Pixabay

Dalam penataan rumah minimalis, tentunya warna menjadi hal yang sangat penting. Dimana dalam penataan, kita harus mengurangi warna untuk dekorasi. Saat ini warna yang banyak digemari oleh masyarakat yaitu putih, cokelat dan abu-abu dimana warna-warna tersebut identik dengan earth tone. 

3. Kelompokkan barang sesuai kebutuhan 

Rak buku unik

Photo :
  • Pixabay/pexels

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam menata rumah minimalis adalah mengelompokkan barang sesuai kebutuhan. Yang paling utama dari konsep rumah minimalis adalah jangan membiarkan barang berantakan.

"Jadi kita harus pandai dalam menata barang agar nantinya dapat lebih mudah untuk dicari, misalnya menata bumbu-bumbu dapur pada satu tempat, kemudian mengkelompokan penyimpanan barang, deterjen dan lainnya," kata Sismi Rahayu memberikan tips.
 
4. Pilih Furnitur yang sederhana

Meja belajar minimalis hemat tempat

Photo :
  • decorunic

Pemilihan furnitur juga harus diperhatikan dalam menata rumah. Pemilihan furnitur yang sederhana dan fungsional juga dapat menambah kesan minimalis dan rapih pada sebuah rumah. 

"Kita juga bisa menggunakan furnitur yang multifungsi sebagai dekorasi rumah seperti menjadikan tangga sebagai ruang penyimpanan," kata Sismi Rahayu lagi.

Dalam webinar ini, platform E-commerce Shopee ini juga melakukan kampanye rutin yang dilakukan setiap bulan.

Mengusung tema Rumah & Hobi Sale bersama para seller  mengajak pengguna untuk mendekor rumah menjadi lebih rapih dan cantik. Dengan adanya tema tersebut banyak para pengrajin kembali mendapatkan orderan setelah lama menganggur akibat dari adanya pandemi COVID-19. Salah satunya yang dilakukan oleh Sismi Rahayu yang merupakan owner dari Homedecor Yogya yang memasarkan produknya melalui platform Shopee. 

Owner Home Decor Yogya, Sismi Rahayu

Photo :
  • Tangkapan Layar

Berangkat dari kegemaran merapihkan dan menata dengan mendekorasi isi rumah hingga mencoba membuat hiasan dinding membuat Sismi dan suami berfikir untuk menjual produk-produk tersebut dalam jumlah banyak.

Berkat ide Sismi tersebut saat ini sudah banyak pengrajin lokal yang ikut terbantu dengan penjualan Homedecor Yogya miliknya. 

Pada awalnya produk yang dihasilkan oleh Homedecor Yogya itu sendiri adalah rak dapur, karena dinilai lebih banyak digunakan oleh ibu rumah tangga, kemudian toples yang diberikan tulisan nama sehingga memudahkan untuk pencariannya. 
 
Produk yang dihasilkan oleh Homedecor Yogya Sendiri sebagian besar berbahan dasar kayu. "Saat ini keinginan konsumen cenderung pada warna-warna natural seperti putih, abu-abu, dan cokelat. Dengan berkembangnya tren warna tersebut menjadikan kayu sebagai pilihan yang tepat untuk mendekorasi rumah, karena warna yang dihasilkan dinilai paling cocok," kata Sismi.

Penggunaan kayu sendiri dinilai lebih aesthetic untuk digunakan, terlebih sumber daya kayu yang mudah ditemukan juga menjadi salah satu alasan Sismi memilih kayu sebagai produk yang akan dijualnya. 

Pemilihan kayu yang digunakan merupakan kayu pinus yang mana kayu tersebut dinilai paling baik dari segi serat yang bagus sehingga sesuai kemauan konsumen.

Saat ini produk yang paling banyak diminati oleh pelanggannnya adalah Stand Laptop dimana setiap orang saat ini bekerja melalui laptop, kemudian Homedecor hadir menciptakan Stand laptop agar laptop tidak panas dan pengguna merasa lebih nyaman saat menggunkannya. 

Kemudian produk yang banyak diminati adalah Rak Bumbu, Tempat Bawang, dimana produk tersebut merupakan produk yang digunakan sehari-harinya. Untuk harga sendiri, produk karya Sismi dijual dari harga Rp15.000 hingga ratusan ribu.

Penulis: Khaula Hasanah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya