Mau Rumah Terlihat Lebih Estetik dan Alami? Begini Mengakalinya

Ilustrasi rumah/hunian.
Sumber :
  • Freepik/vanitjan

VIVA – Memiliki rumah dengan tampilan yang lebih estetik, tentu bisa membuat kita tidak bosan dan betah berlama-lama di rumah. Apalagi jika hunian yang kita tinggali nampak alami, tentu membuat kita semakin nyaman menempatinya. 

Resmi Kantongi Sertifikat Halal Seumur Hidup, Manajemen Dunkin Ungkap Alasan Hilangnya Kata Donuts

Nah, jika kamu menginginkan hal yang sama, kamu bisa mencoba mengaplikasikan batu sinter di rumah. Lalu, apa itu batu sinter dan harus dipasang di mana agar bisa menambah keindahan rumah? 

Ya, saat ini batu sinter atau sintered stone telah menjadi salah satu pilihan populer di kalangan desainer dan para pemilik rumah, karena nilai estetika dan keserbagunaannya. 

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Batu sinter sendiri adalah material yang terbuat dari bahan alami yang terdiri dari mineral granit, mineral kaca, dan oksida alami, serta dirancang menyerupai batu alam menggunakan kemajuan teknologi sintering.

Ratusan Rumah di Bekasi Terendam Banjir, Mayoritas Ditinggal Mudik Lebaran

Meskipun diproduksi menjadi lebih ringan dari batu alam, tidak membuat batu sinter kurang tahan lama. Sebaliknya, batu satu ini memiliki daya tahan yang lama dengan proses pembuatan yang lebih efisien. 

Selain itu, kelebihannya yang antigores dan tahan panas hingga di atas 100 derajat celcius, juga menjadi alasan lain mengapa batu sinter menjadi salah satu pilihan favorit.

Presiden Direktur MM Galleri Group, Peter Tjioe, mengatakan, batu sinter tahan air sehingga menjadi pilihan populer untuk digunakan di dapur dan kamar mandi, di mana tingkat kelembapannya tinggi dan sering terkena cairan. 

"Selain itu, material ini juga tahan noda dan tidak berpori serta diproduksi dengan sifat antimikroba, sehingga mudah dibersihkan dan menjadi permukaan yang aman untuk makanan," ujar Peter saat memperkenalkan Lapitec, brand batu sinter asal Italia yang diproduksi dengan menggunakan teknologi Biorite 100 persen, lewat rilis yang diterima VIVA, Selasa 14 Juni 2022. 

"Ini merupakan teknologi yang minim resin dengan kandungan nol persen silika, sehingga tidak menciptakan reaksi kimia yang bisa menimbulkan bahaya atau ancaman bagi orang yang terpapar," tambahnya. 

Peter lebih lanjut mengatakan, batu sinter sendir sudah digunakan di seluruh dunia untuk proyek arsitektur, interior dan desain produk, facade, lantai, kolam renang, dapur, kamar mandi, dekorasi, kapal pesiar, dan masih banyak lagi.

Selain itu, karena batu sinter yang memiliki sifat tahan noda, menurut Peter, material ini  cocok bagi para ibu rumah tangga yang menghabiskan banyak waktu di area dapur. 

"Karena tak perlu khawatir permukaan area dapur rusak akibat pembersihan menggunakan bahan kimia, atau terlihat kusam dan bernoda akibat penggunaan rempah dari alam seperti kunyit, jahe, dan bumbu dapur lainnya yang dapat meninggalkan noda," ungkapnya. 

Dengan kata lain, makanan mentah dapat disiapkan secara langsung di atas permukaan batu sinter Lapitec. Hal tersebut juga menyebabkan batu sinter ini tidak membutuhkan perawatan berkala yang merogoh kocek, cukup dibersihkan secara normal dengan mudah setelah pemakaian. 

"Misalnya hanya dilap dengan kain lembap hingga basah untuk membersihkan noda atau kotoran pada permukaan agar siap digunakan kembali," tutup Peter Tjioe. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya