Hunian Australia Sudah Terapkan Green Building Sejak 1 Dekade Lalu

Ilustrasi rumah/hunian.
Ilustrasi rumah/hunian.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA Lifestyle – Konsep ramah lingkungan memang harus diterapkan dalam berbagai aspek. Salah satu yang mulai gencar digalakkan adalah di bidang properti, dengan menerapkan konsep green building. Apa itu? 

Ya, green building sendiri merupakan sebuah konsep di mana bangunan dalam segi desain, konstruksi dan operasinya lebih ramah lingkungan dan mengurangi dampak negatif bagi lingkungan. 

Konsep ini juga mengharuskan agar bangunan dapat memberikan dampak yang positif bagi lingkungan dan alam. Di Indonesia sendiri, penerapan konsep bangunan yang ramah lingkungan baru mulai digalakkan. 

Sementara di Sydney, Australia, khususnya di Crown Group, mengklaim sudah menerapkan konsep green building bahkan sejak satu dekade lalu. 

Green Building

Green Building

Photo :
  • Rumahku.com

Namun, CEO Crown Group Iwan Sunito, mengatakan, banyak hal yang harus dilakukan oleh kota Sydney untuk mengejar kota-kota global lainnya di dunia dalam hal desain dan pengembangan kawasan yang berkelanjutan. 

"Hasil dari Pemilihan Federal Australia baru-baru ini mengirimkan pesan yang jelas dari para pemilih bahwa perlu ada fokus yang jauh lebih besar pada konsep hijau dan berkelanjutan yang positif bagi lingkungan di semua bidang termasuk pengembangan properti,” kata dia, saat Media Conference yang digelar virtual, baru-baru ini. 

"Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah Australia untuk mencapai Net Zero Emissions pada tahun 2050," sambungnya. 

Rencana yang berbasis teknologi tersebut telah menetapkan jalur yang kredibel untuk mencapai net zero pada tahun 2050, sambil melestarikan industri yang ada, menjadikan Australia sebagai pemimpin dalam teknologi rendah emisi.

 Iwan Sunito.

Iwan Sunito.

Photo :
  • VIVA/Sumiyati

Rencana tersebut didasarkan pada kebijakan yang ada dan akan dipandu oleh lima prinsip yang akan memastikan peralihan Australia ke net zero economy tidak akan mengancam industri, wilayah, atau pekerjaan yang sudah ada sebelumnya.

“Di Crown Group, kami telah menerapkan prinsip-prinsip dasar green building semenjak tahun 2010, menciptakan tren hunian baru di dunia. Hal ini bisa terlihat dalam pekerjaan kami pada Arc by Crown Group, Infinity by Crown Group, Waterfall by Crown Group, The Grand Residences dan sekarang Mastery by Crown Group," bebernya. 

Iwan menjelaskan, hal tersebut sudah diterapkan mulai dari konsep yang menyatu dengan alam, penggunaan material berbahan dasar kayu dan bisa daur ulang, ruang tamu yang luas dengan sirkulasi udara maksimal, serta keberadaan pintu kaca besar yang memungkinkan sinar matahari dapat menyinari secara alami, sehingga mengurangi konsumsi listrik.