4 Tipe Rumah yang Jadi 'Sarang' Hantu dan Jin

Hantu dewi rumah tangga di Korea
Sumber :
  • Soompi

VIVA Lifestyle – Percaya atau tidak, makhluk 'tak terlihat' yang lebih dikenal dengan hantu atau jin ada di sekitar kehidupan manusia. Mereka bisa ada di rumah atau di mana saja, namun cenderung tak terlihat.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Seperti halnya manusia, hantu juga punya tempat tinggal dan bahkan beranak pinak. Tentu saja, tempat tinggal mereka berbeda dengan tempat tinggal manusia. Para ulama seringkali menyampaikan ciri-ciri khusus tempat yang disukai hantu.

Bahkan, dalam berbagai literatur, disebutkan bahwa sebelum Nabi Muhammad SAW diutus menjadi rasul, kaum jin pernah menduduki beberapa tempat yang ada di langit. Namun, ketika Muhammad SAW diangkat menjadi nabi dan rasul, para hantu ini tidak lagi tinggal di tempat tersebut. Lihat surah Al-Jin ayat 8-9.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Lantas, dimana sekarang mereka tinggal? Menurut informasi yang dirangkum dari beberapa sumber. Rumah yang dihuni hantu atau makhluk halus ditandai dengan ciri tertentu. Berikut ulasannya:

Ciri rumah yang disukai hantu

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

1. Terdapat banyak cicak

Cicak di Dinding.

Photo :
  • U-Report

Ustadz Adi Hidayat melalui kanal YouTube Kata_Ustadz menyebut, cicak adalah hewan yang membawa kotoran dan jin. Jika hewan ini berada di dalam rumah atau di sekitar rumah, maka dia menganjurkannya untuk segera dibunuh.

Ustad Hadi mengatakan, cicak adalah hewan yang berbahaya jika bersarang di rumah. Kehadiran cicak di rumah menandakan banyak kotoran di tempat tersebut.

Hal ini sejalan dengan yang dianjurkan Rasulullah SAW. Dalam riwayat yang disampaikan Sa'ad bin Abi Waqqash: "Nabi Muhammad SAW memerintahkan untuk membunuh cicak dan ada pahala disitu,"

2. Terdapat banyak patung

Patung Baphomet di markas Satanic Temple

Photo :
  • thesatanictemple.com

Dilansir dari kanal YouTube Cerminan Hidup, Ustad Khalid Basalamah mengatakan, jin sangat menyukai tempat-tempat atau rumah yang dipenuhi patung. Khususnya patung-patung yang memiliki bentuk seperti manusia.

Dan umumnya, lanjut dia, saat seseorang diruqyah di rumahnya, lalu orang tersebut kesurupan dan setannya ditanya dimana kamu bersembunyi, maka yang akan ditunjuk adalah patung-patung yang ada di rumah tersebut.

Selain itu, Ustad Khalid juga mengatakan, rumah yang dipenuhi patung juga sangat dibenci oleh malaikat.

3. Memiliki banyak ruang kosong dan tak terurus

Ilustrasi rumah Hantu.

Photo :
  • U-Report

Sebuah desain rumah dibuat tentunya untuk ditinggali dan dimanfaatkan secara optimal. Namun, tak jarang beberapa rumah memiliki kamar atau ruangan yang dibiarkan kosong begitu saja. Ruangan tersebut bahkan tak pernah sekadar dibersihkan atau disinggahi sejenak.

Ruangan seperti ini sangat disukai oleh hantu. Kamar tersebut dapat menjadi magnet untuk mengundang hantu betah tinggal di sana. Bahkan sangat mungkin ruangan kosong tersebut dihuni lebih dari satu hantu.

Jadi, sebaiknya kamu tak membiarkan ada kamar atau ruangan kosong di rumah. Meski tak ditinggali, setidaknya jadikan ruang tersebut untuk kegiatan lain dan dibersihkan.

4. Memiliki ruang di atap

Rumah berhantu

Photo :
  • Times of India

Hantu juga senang tinggal di atas rumah manusia. Hanya saja, hantu yang tinggal di tempat ini bukan berasal dari kalangan yang jahat, melainkan jin muslim.

Dalil mengenai hal ini terdapat pada hadis riwayat Abu Bakar yang ditulis oleh Ibnu Hajar dalam kitab Fathul Bari, yaitu:

“Tidak ada satu rumah orang muslim pun kecuali di atapnya terdapat jin muslim. Allah menjaga dan menghalangi orang-orang muslim itu dari gangguan makhluk halus tersebut.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya