12 Cara Mengusir Kecoa yang Ampuh dan Praktis

kecoa
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Cara mengusir kecoa ada berbagai macam dengan bahan-bahan alami. Bahan-bahan tersebut umumnya dapat ditemukan di mana saja. Ya, kecoa memang dianggap menjijikkan karena kotor dan jadi hama. Kecoa bersarang di tempat yang berantakan, kotor dan bau. Kecoa merupakan hama yang seringkali masuk ke rumah. Selain membawa penyakit, serangga satu ini sering dikaitkan dengan hal menjijikkan karena kerap berada di lingkungan yang kotor. Kecoa bisa memakan makanan, merusak lapisan kertas dinding, buku, hingga barang elektronik. Serangga ini bisa mengotori makanan, perabotan rumah tangga, dan mengganggu aktivitas keseharian Anda.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Ilustrasi kecoa.

Photo :
  • U-Report

Kecoa biasanya tak suka dengan aroma yang menyengat dan aroma buah. Berikut beberapa cara mengusir kecoa dan mencegah agar tak datang mengganggu lagi:

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

1. Asam Borat

Serangga Kecoak.

Photo :
  • Terminix
5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Cara selanjutnya untuk mengusir kecoa yaitu juga bisa menggunakan asam borat. Semprotan asam borat bisa dibeli di toko atau beli secara online. Bahan ini merupakan salah satu bahan terbaik untuk mengusir serangga, seperti kecoa, semut, dan lainnya yang dapat mengganggu Anda.

Caranya yaitu Anda cukup menyemprotkan asam borat ke kecoa. Tetapi, perlu diingat bahwa penggunaan asam borat tidak efektif di lingkungan yang basah. Anda bisa juga dengan menaburkan bubuk asam borat ke sarang kecoa. Bubuk asam borat akan menempel di antena, kaki, dan tubuh kecoa ketika dicerna. Hal ini akan menyebabkan kematian bagi kecoa. Perlu ditekankan, jauhkan asam borat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

2. Aroma Bubuk Kopi Segar

Biji kopi juria setelah disangrai (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/ Jo Kenaru/ Manggarai Timur-NTT

Selain memiliki rasa yang enak, ternyata bubuk kopi juga memiliki aroma yang wangi dan menyengat. Bagi Anda yang suka minum kopi bisa memanfaatkan cara ini untuk mengusir kecoa.

Caranya mudah, yaitu cukup menaburkan kopi bubuk di ruangan seperti dapur, kamar mandi, atau area lainnya yang sering dilewati kecoa. Perlu ditekankan, bahwa kopi yang digunakan yaitu bubuk kopi hitam, bukan kopi yang telah bercampur gula, susu, maupun krimer.

3. Bunga Melati

Bunga melati.

Photo :
  • U-Report

Bunga melati yang masih segar ternyata ampuh mengusir kecoa di rumah. Hal ini dikarenakan kecoa sangat membenci aroma harum dari bunga melati. Cara membasmi kecoa menggunakan melati yaitu dengan menaburkan kelopak bunga melati di seluruh bagian-bagian sudut rumah yang memungkinkan tempat kecoa tinggal atau lewat. Konon katanya, kecoa bisa masuk melalui lubang atau celah yang sangat kecil untuk tinggal dan berkembang biak. Jadi, taburkan kelopak bunga melati yang segar tadi termasuk di bagian paling kecil di celah-celah rumah.

4. Campuran Gula Pasir, Boraks dan Silica Gel

Gula pasir juga bisa menjadi salah satu cara mengusir kecoa dari rumah. Namun, gula hanya sebagai umpan saja. Anda harus mencampurkan gula dengan bahan tambahan seperti boraks, soda kue, maupun butiran silica gel yang bersifat racun untuk kecoa.

Cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan 1 sendok makan gula dan 3 sendok bahan tambahan, kemudian campurkan kedua bahan tersebut di dalam wadah, dan taburkan campuran gula dan boraks di sarang kecoa.

Pastikan tidak menggunakan wadah dan pengaduk tersebut lagi karena sudah terkontaminasi racun. Agar tidak melukai tubuh, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat menyebarkan campuran ke sarang.

5. Membersihkan sisa makanan dengan benar

Tidak hanya menggugah selera, ternyata aroma makanan  juga dapat mengundang kecoa, loh. Jika Anda memiliki makanan sisa, jangan lupa tutup dengan menggunakan tudung saji. Anda juga bisa menyimpan di dalam wadah makanan dan masukkan ke kulkas.

Pastikan Anda juga membuang sisa makanan ke dalam plastik sampah dan ikat serapat mungkin agar aromanya tidak membuat kecoa berdatangan. Jangan lupa membuang sampah tersebut ke luar rumah agar kecoa tidak masuk dan berkumpul di atas sampah.

6. Tutup berbagai celah yang dapat dimasuki kecoa

Pastinya di berbagai sudut rumah Anda terdapat celah-celah kecil yang dapat menjadi jalur masuk bagi kecoa. Cobalah untuk menelusuri rumah Anda dan menutup celah-celah tersebut, khususnya pada tempat yang lembap dan banyak sisa makanan.

7. Perangkap dari campuran baking soda dan gula

Tahukah Anda jika kecoa dapat terpancing keluar jika mencium aroma manis? Nah, Anda dapat menjebaknya dengan menggunakan perangkap dari campuran baking soda dan gula. Gula memiliki aroma manis yang disukai kecoa, sedangkan baking soda dapat membunuhnya. Cukup campurkan kedua bahan tersebut dengan masing-masing kadar 50 persen dan letakkan pada beberapa sudut atau celah masuk kecoa. Dengan kombinasi dua bahan ini, pasti rumah Anda akan terhindar dari kecoa!

8. Letakkan daun salam di beberapa sudut rumah

Anda sering menggunakan daun salam sebagai bahan masakan? Sisakan sedikit untuk mengusir kecoa di rumah Anda, ya! Cukup haluskan beberapa lembar daun salam dan letakkan di sudut-sudut rumah Anda. Aromanya dapat membuat kecoa langsung kabur dan tidak berani ke rumah Anda lagi.

9. Semprotkan air perasan jeruk lemon

Ternyata, lemon juga memiliki kandungan zat antipathogenic yang dapat membasmi kecoa dan mencegah pertumbuhan kuman. Anda dapat menyemprotkan air perasan jeruk lemon ke sudut-sudut rumah yang sering menjadi sarang kecoa atau jalur masuknya. Selain itu, Anda juga dapat mengepel rumah dengan air campuran perasan jeruk lemon agar rumah benar-benar bebas dari kecoa.

10. Letakkan irisan timun

Selain sering digunakan untuk masak dan sebagai masker wajah, ternyata timun juga ampuh mengusir kecoa. Aroma yang keluar dari timun bisa membuat kecoa tidak datang kembali. Anda hanya perlu meletakkan beberapa irisan timun ke dalam wadah dan menempatkannya pada beberapa bagian rumah yang sering dilewati kecoa. 

11. Semprotkan cairan pelembut pakaian

Cairan pelembut pakaian dan cairan pelicin saat menyetrika juga dapat Anda gunakan untuk membasmi kecoa di rumah. Cukup campurkan cairan tersebut dengan air dan masukkan ke dalam alat semprot. Kemudian, semprotkan cairan tersebut ke jalur masuk kecoa dan tempatnya bersarang.

12. Bersihkan genangan air

Kecoa sangat menyukai tempat yang lembap dan tergenang air. Oleh karena itu, pastikan tidak ada air yang menggenang di rumah Anda, ya! Selalu bersihkan genangan yang ada di dapur dan kamar mandi rumah. Jika terdapat kebocoran di rumah, segera perbaiki agar tidak lembap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya