5 Tips Mendesain Rumah Minimalis Bagi Pasangan Milenial

Ilustrasi rumah/hunian.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Hunian – Saat ini, desain rumah minimalis modern menjadi pilihan favorit pasangan muda yang tinggal di wilayah perkotaan. Namun, ternyata masih banyak orang yang salah mengira arti dari hunian minimalis. Sebagian orang masih menganggap kalau rumah minimalis itu pasti sempit dan kecil. Padahal, sebenarnya bukan seperti itu lho, Vivanians. 

Meramaikan Destinasi Wisata Lewat Warna

Minimalis adalah sebuah kata yang terdengar tidak asing bagi telinga kita, sebuah konsep yang dengan mudah kita simpulkan sebagai sesuatu yang sederhana. Tentu saja, selain bangunan indah, desain interior, warna dan pemilihan furniture menjadi kuncinya. Tak perlu dirancang secara besar-besaran, kamu bisa kok menjadikan ruangan terbatas rumah kamu menjadi fungsional, estetis dan nyaman dengan anggaran minimalis.

Dalam mendesain sebuah ruang tamu, anda sebaiknya memperhatikan apakah ruangan ini akan digunakan lebih sering atau tidak, karena kebanyakan ruang tamu yang bersifat formal dibuat terpisah dari ruang utama sehingga penggunaannya hanya ketika ada orang yang datang bertamu. Dalam beberapa desain rumah minimalis, ruang tamu juga dapat digunakan sebagai ruangan beraktifitas sehari-hari keluarga, dengan konsep terbuka dan minim sekat. 

Berikut beberapa tips agar kamu dapat merasa lega dan nyaman di rumah minimalis yang unik namun tetap terkesan mewah:

Ilustrasi rumah minimalis

Photo :
  • Home Designing
Motor Listrik Ini Punya Baju Baru, Lebih Catchy dan Mencolok

1. Berikan aksen fitur dinding

Dekorasi rumah minimalis

Photo :

Selain melapisi dinding dengan cat seperti biasa, Anda menggunakan cat untuk menonjolkan fitur dinding di rumah minimalis Anda. Fitur dinding seperti wainscottings atau beadboard bisa menambah daya tarik visual pada sebuah ruang tanpa membebaninya dengan terlalu banyak detail. Fitur dinding ini juga mudah dicat sehingga bisa disesuaikan dengan dekorasi rumah Anda secara keseluruhan.

2. Konsep Open Space

Ilustrasi rumah minimalis.

Photo :
  • U-Report

Pasangan muda kebanyakan senang punya rumah minimalis mungil lantaran baru menikah. Bagaimana mensiasati agar terlihat lega dan nyaman? Tentukan layout, karena sebaiknya sudah ada konsep terlebih dahulu. Konsep open space tanpa sekat, misalnya, bisa jadi pilihan agar ruangan terlihat lebih lega. Kalaupun ada sekat, sebaiknya dibuat menerawang.

3. Tekstur dan warna

Fitur desain minimalis di dalam rumah.

Photo :
  • Businessinsider.com

Anda dapat membuat ruangan di dalam rumah minimalis menjadi lebih hidup dengan menambahkan tekstur di seluruh ruang. Tekstur sangat efektif untuk menciptakan aksen pada sebuah ruangan dengan menambahkan bobot visual. Beberapa pilihan produk yang bisa menambahkan tekstur dalam ruangan yakni selimut, bantal, permadani hingga furnitur dari anyaman bambu.

Pemilihan warna juga menjadi aspek penting dalam  sisi ruangan. Ingat, sebaiknya hindari warna gelap seperti hitam, hal ini untuk memberikan kenyamanan. Warna hitam akan memberikan efek sempit dalam rumah. Kalau bisa menggunakan warna putih, atau abu-abu muda, hijau muda, biru muda agar memberikan nuansa sejuk.

4. Desain Material

Rumah minimalis modern

Photo :
  • pinterest.com

Kesederhanaan desain juga mencakup lantai rumah minimalis. Sebaiknya hindari ubin dengan pola yang rumit. Tetap berpegang pada warna yang terkendali dan desain polos. Misalnya penggunaan ubin marmer mengkilap atau lantai kayu keras. Ini menjaga suasana tetap bersih dan luas, sambil menambahkan sedikit kemewahan pada rumah.

5. Sistem Pencahayaan

Rumah Minimalis Miky Setiawan bergaya industrial loft jungalow

Photo :
  • Instragram Miky Setiawan

Pencahayaan untuk rumah minimalis harus pas. Cobalah mengatur penempatan barang-barang agar tidak menghalangi sinar matahari yang masuk ke rumah. Pencahayaannya sebisa mungkin tidak menutupi pencahayaan alami, seperti jendela, dengan begitu natural light tetap masuk ke dalam ruangan. Intinya buat ruangan menjadi lega dan sirkulasi udara tetap berputar dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya