Cara Menanam Daun Bawang Dalam Pot atau Polybag, Mudah dan Hasilnya Melimpah

Permintaan Daun Bawang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA Hunian – Cara menanam daun bawang mudah nggak sih? Nah, buat kamu yang suka bertani dan suka menanam berbagai macam sayuran salah satunya daun bawang, kamu bisa menyimak bagaimana cara menanam daun bawang dalam artikel ini.

Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Bawang daun (Allium fistulosum) merupakan jenis sayuran yang sering dijadikan bumbu atau bahan penyedap masakan. Terdapat dua jenis bawang daun yakni Allium fistulosum atau bawang daun bakung dan Allium porum bawang daun prei. 

Saat ini yang banyak dibudidayakan di Indonesia yaitu jenis bawang daun bakung. Bawang daun bisa diperbanyak secara generatif maupun vegetatif. Perbanyakan generatif adalah perbanyakan bibit tanaman melalui biji atau benih. 

10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

Sementara perbanyakan vegetatif adalah perbanyakan tanaman dengan cara memecah anakan dari rumpun utama. Perbanyakan benih secara generatif didapatkan dengan menyemai biji atau benih terlebih dahulu. 

Bentuk daunnya bulat panjang, berongga seperti pipa. Ujungnya meruncing sedangkan pangkalnya padat berwarna putih. Pada jenis yang lain seperti Allium porum bentuk daunnya pipih seperti pita. 

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Cara menanam daun bawang

Permintaan Daun Bawang

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Dikutip dari Dinas Pertanian Buleleng, daerah paling ideal untuk menanam bawang daun yaitu pada dataran tinggi dengan rentang ketinggian 900-1700 meter dpl. Suhu pertumbuhan ideal berkisar 19-24 derajat celcius dengan kelembaban 80-90%. 

Meskipun begitu, bawang daun masih bisa tumbuh di dataran rendah yang bersuhu panas. Menanam bawang daun dapat dilakukan dengan media tanam dalam pot atau polybag. 

Sebelum benih disemai, siapkan media penyemaian terlebih dahulu, adapun cara penyemaiannya adalah sebagai berikut : 

1. Jika tempat persemaian berupa bedengan tebarkan benih bawang daun dalam alur yang telah dibuat sedalam 1 cm. Jarak antar alur 10 cm. 
2. Apabila tempat persemaian berupa tray semai atau polybag, letakan benih bawang daun dalam setiap wadah 1-2 biji. Tanam sedamal 10 cm. 
3. Kemudian tutup tempat persemaian dengan karung goni yang dibasahi atau daun pisang. Setelah benih berkecambah, buka penutup tersebut. 
4. Lakukan penyiraman setiap hari, pagi dan sore hari. Berikan pupuk urea, ZA atau pupuk cair organik. Pemberian pupuk urea dan ZA sebaiknya dilarutkan dalam air. Kemudian siramkan pada media semai. Jika menggunakan pupuk organik cair, encerkan terlebih dahulu sebelum disiramkan. 
5. Bibit bawang daun yang telah berumur 2 bulan atau tingginya mencapai 10-15 cm, sudah siap dipindahkan ke tempat pembesaran. 
6. Perbanyakan benih vegetatif bisa diambil dari tanaman bawang daun yang telah berumur lebih dari 2,5 bulan. Penampakan tanaman yang akan diambil harus memiliki rumpun banyak, terlihat segar, tidak terserang hama dan penyakit. 

Cara menyepih benih

Permintaan Daun Bawang

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Cara menyepih benihnya adalah sebagai berikut : 

- Bongkar rumpun tanaman bawang daun beserta akar-akarnya. Cara membongkar jangan dicabut, melainkan digali dengan tangan atau kored. 
- Bersihkan dengan tangan tanah-tanah yang menempel disekitar akar. Buang daun dan akar yang terlihat layu atau tua. 
- Pecah-pecah rumpun tanaman tersebut menjadi beberapa bibit tanaman atau anakan. Setiap anakan sebaiknya terdiri dari 1-3 batang. 
- Papas daun bagian atas untuk mengurangi penguapan. Pemapasan dilakukan kira-kira sepertiga bagian dari atas. Pemapasan juga akan merangsang tumbuhnya tunas baru. 
- Bibit bawang daun yang telah disiapkan bisa langsung ditanam. Bila bibit tersebut tidak langsung ditanam, sebaiknya lama penyimpanan tidak lebih dari 5-7 hari dengan penyimpanan di tempat teduh dan lembab. 

Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam pot atau polybag. Untuk menanam bawang daun sama dengan menanam jenis sayuran lainnya. Pada dasarnya media tanam tersebut harus bersifat poros, subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik. 

Permintaan Daun Bawang

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Tingkat keasaman tanah yang untuk menanam bawang daun berkisar pH 6,5-7,5. Media tanam pot atau polybag terdiri dari tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1, atau tanah dan pupu kandang dengan perbandingan 2:1. 

Aduk media tanam yang dipilih hingga merata, kemudian masukkan ke dalam pot atau polybag yang telah dipersiapkan. Padatkan media tanam dengan tangan, jangan diinjak karena akan menjadi terlalu padat. 

Untuk polybag bisa menggunakan ukuran 0.08 x 30/15 x 30, sedangkan untuk pot kira-kira seukuran kaleng cat 5 kg. Untuk cara menanam bawang daun secara non organik, bibit langsung ditanam. 

Sementara untuk cara non-organik bibit bisa direndam dahulu dalam larutan fungisida sebelum ditanam. Perendaman dilakukan pada dosis rendah, 30-50% dari dosis anjuran selama 10-15 menit. 

Fungsinya untuk menghindari serangan jamur pada akar. Buat lubang tanam pada pot atau polybag yang telah disiapkan. Dalam lubang tanam sekitar 10 cm. 

Kemudian masukan bibit tanaman, satu wadah untuk satu tanaman. Posisi tanaman tegak berdiri. Kemudian tutup dengan media tanam hingga kuat mencengkeram. Siram bibit tersebut agar tetap lembab. Waktu yang tepat untuk penanaman pada pagi dan sore hari, saat matahari tidak terlalu terik sehingga suhu udara dan laju respirasi tidak terlalu tinggi. 

Letakkan pot atau polybag di tempat yang mendapat penyinaran matahari penuh. Penyiraman pada awal pertumbuhan sebaiknya dilakukan setiap hari. Dalam tanaman hendaknya tanah atau media tanam jangan terlalu basah atau becek, air tergenang, karena bisa menyebabkan busuk akar. 

Selanjutnya, penyiraman bisa dilakukan setiap 2-3 hari sekali, atau tergantung kondisi cuaca dan keadaaan media tanam. Waktu penyiraman yang paling baik, pagi sebelum jam 9.00 atau sore hari setelah pukul 17.00.  

Untuk cara menanam bawang daun organik, berikan pupuk kompos atau pupuk kandang pada hari minggu ke-4 sebanyak satu kepalan tangan untuk setiap wadah dan diulang pada minggu ke-8. Pupuk ditabur di sekitar pangkal batang tanaman. 

Sedangkan untuk cara menanam bawang daun non-organik, bisa diberikan pupuk urea atau ZA pada minggu ke-3 dan minggu ke-6. Jumlah pupuk sekitar 5 gram per wadah. 

Pemberian pupuk sebaiknya dilarutkan dalam air, kemudian disiramkan pada media tanaman.  Bisa juga dengan menambahkan pupuk daun atau pupuk organik cair apabila dibutuhkan. 

Pemberian pupuk disemprotkan pada daun secara merata atau dikocorkan ke tanah. Aplikasi pupuk bisa diberikan mulai hari ke-10 dan diulang setiap 10 hari hingga 3-4 kali.  Bawang daun bisa dipanen setelah berumur 2,5 bulan sejak bibit ditanam, 5 bulan dari biji mulai disemai. 

Daun Bawang

Photo :
  • U-Report

Ciri-ciri bawang daun siap panen adalah jumlah rumpunnya mulai banyak dan sebagian daunnya sudah ada yang menguning. Panen sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari. Namun untuk keperluan harian tidak perlu menunggu hingga tanaman bawang daun siap panen. 

Tanaman yang telah berumpun banyak bisa diambil sebagian kapan saja. Dan sisanya dibiarkan tumbuh.Di lahan terbuka, produktivitas bawang daun bisa menghasilkan hingga 10-40 ton/hektar. Produktivitas ini tergantung pada kualitas benih, teknis budidaya dan kecocokan geografis.

Ilustrasi pedesaan

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Penduduk pedesaan memiliki peran penting dalam keragaman demografi global. Ada negara-negara di mana sebagian besar penduduknya tinggal di pedesaan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024