Mau Wujudkan Rumah Impian Sesuai Anggaran? Begini Tipsnya

Ilustrasi rumah/hunian.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA Lifestyle - Alokasi pengeluaran masyarakat untuk rumah dan fasilitas rumah tangga kian meningkat. Pada 2021, sebesar 51,89 persen pengeluaran per kapita masyarakat dalam satu bulan dialokasikan untuk pengeluaran kategori perumahan dan fasilitas rumah tangga. Lalu pada Maret 2022, angka tersebut meningkat menjadi 53,6 persen. 

Ulang Tahun ke-40, Vicky Prasetyo Ungkap Harapan Ingin Segera Menikah

Kendati permintaan tersebut meningkat dan jumlah penyedia jasa konstruksi banyak, namun masyarakat masih sulit mencari kontraktor terpercaya dan tepat. Kondisi inilah yang membuat masyarakat menemukan kontraktor tanpa jaminan kualitas. Scroll untuk info selengkapnya

Berikut beberapa tips untuk memilih kontraktor rumah yang tepat. 

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Memiliki portofolio yang bagus
Selain keahlian profesional di bidangnya, jasa kontraktor kompeten idealnya memiliki jam terbang yang tinggi. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan proyek-proyek yang pernah mereka pegang sebelumnya. Bukan sekadar banyak, Anda juga perlu memerhatikan dengan cermat bagaimana hasil pengerjaannya.

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/xb100
Museum MACAN Open House sampai 21 April, Bisa Jadi Ide Hangout!

Memiliki legalitas yang Jelas
Agar lebih aman dan proyek diselesaikan sesuai ketentuan, sebelum menggunakan jasa kontraktor rumah, Anda harus terlebih dahulu memeriksa semua legalitasnya, mulai dari izin usaha yang masih berlaku, website resmi, hingga kantor yang bisa Anda kunjungi.

Kontraktor profesional dan berkualitas biasanya memiliki semua kriteria di atas. Mereka juga umumnya memiliki layanan pelanggan yang bisa digunakan jika suatu saat ada kendala atau keluhan dari klien.

Bersedia terikat kontrak
Kerja sama hanya bermodalkan kepercayaan, akan berisiko tinggi. Karenanya, jangan ragu meminta kontraktor Anda untuk membuat kontrak. Jasa kontrak profesional biasanya akan siap dan bersedia untuk melakukan ini. Dengan adanya kontrak yang jelas, Anda bisa terhindar dari kecurangan, kesalahpahaman, atau keterlambatan proses pengerjaan.

Memberikan garansi
Kontraktor dengan hasil kerja yang tinggi biasanya berani memberikan garansi. Hal ini juga bisa memberikan Anda rasa aman karena tidak khawatir jika nanti hasil pengerjaannya tidak sesuai ketentuan. 

Pin Na Songkhla, Co-founder Mitraruma, menyampaikan, di tengah permintaan akan renovasi dan perbaikan rumah yang semakin tumbuh, dia melihat masih adanya kesulitan bagi masyarakat dalam mewujudkan rumah impiannya sesuai anggaran dan menemukan kontraktor yang berkualitas. 

"Maka dari itu, kami mengikuti pameran HOMEDEC 2022 untuk menjangkau dan membantu lebih banyak konsumen," ujar Pin Na Songkhla dalam keterangannya, Selasa 20 Desember 2022. 
 
"Kami berterima kasih kepada pengunjung atas antusiasmenya pada Mitraruma selama pameran HOMEDEC 2022. Semoga inovasi baru kami bisa membantu menjawab kebutuhan tersebut," sambungnya. 

Pada pameran HOMEDEC 2022, booth Mitraruma disulap menjadi ruangan dengan konsep open space serta menghadirkan kitchen set premium dan kanopi cantik yang bisa menjadi inspirasi konsumen untuk mewujudkan rumah impian

Selama acara berlangsung, mereka akan memberikan layanan konsultasi dengan desain interior dan preview design secara gratis, serta promo menarik. 

“Kami harap, ke depannya Mitraruma dapat memberikan inspirasi para pengunjung dan membantu lebih banyak konsumen yang ingin mewujudkan hunian impian yang nyaman, melalui event-event selanjutnya,” pungkas Pin Na Songkhla. 

Mitraruma sendiri menghadirkan jasa renovasi, desain interior ruangan, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya