Inspirasi Rumah Mungil Minimalis di Dalam Gang, Modern dan Tetap Nyaman

Rumah mungil minimalis di dalam gang
Sumber :
  • YouTube Rizki Abadi

VIVA Hunian – Rumah minimalis tak melulu harus di dalam sebuah komplek atau area yang luas. Misalnya saja seperti salah satu rumah mungil minimalis yang ada di dalam gang di daerah Jakarta Selatan satu ini. 

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Dengan sebutan Tiny House Living High, rumah yang dimiliki oleh Fay bisa menjadi inspirasi membangun rumah mungil minimalis namun memiliki ruang yang dapat dimanfaatkan. Desain rumah mungil ini memiliki lebar depan 5 meter dan lebar belakang 3 meter ini dengan total luas lahan 44 meter persegi dan luas bangunan 72 meter persegi.

Di lahan yang mungil serta lokasi yang terbatas ini, sang pemilik rumah mampu membuat hunian yang nyaman namun tetap elegan. Rumah mungil nan minimalis ini mengusung konsep rumah modern dengan desain rumah split level ini tampil mengesankan tapi fungsional. 

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

“Jadi tiny house rumah kecil, emang area kita kecil kan jadi disebut tiny house. Nah, living high karena kita tinggi ke atas nih jadi karena area kecil ruangannya kita pengen banyak fungsinya ya punya banyak ruangan sesuai kebutuhan akhirnya kita ke atas,” ungkap Fay, pemilik rumah yang dikutip dari YouTube Rizki Abadi pada Jumat, 6 Januari 2023. 

Terdiri dari tiga lantai

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Rumah mungil minimalis di dalam gang

Photo :
  • YouTube Rizki Abadi

Meskipun mungil, namun rumah ini terdiri dari tiga lantai di mana di lantai pertamanya terdapat area foyer atau lobi. Kemudian ada ruang tamu yang cukup luas, kamar mandi berukuran 1x2 meter di bawah tangga, dapur bersih yang digabung dengan dapur kotor dan juga ada area terbuka atau halaman di belakangnya yang juga berfungsi sebagai sirkulasi udara. 

Rumah mungil minimalis di dalam gang

Photo :
  • YouTube Rizki Abadi

Sementara, naik ke lantai dua di ujung tangga ada ruang yang dimanfaatkan sebagai area kerja. Lalu, ada juga kamar anak dan naik beberapa step tangga lagi menuju ruang ruang tidur utama yang berukuran 3x4 meter. 

Rumah mungil minimalis di dalam gang

Photo :
  • YouTube Rizki Abadi

Ada juga kamar mandi utama yang ukurannya lebih besar dari lantai satu yakni 2x2 meter dan memakai sky light agar terkena sinar matahari langsung dan minim lampu saat siang hari. 

Trinspirasi rumah-rumah di Jepang 

Rumah mungil minimalis di dalam gang

Photo :
  • YouTube Rizki Abadi

Pemilik rumah mungkil ini mengaku terinspirasi dari rumah-rumah di Jepang, sehingga didominasi dengan interior dan gaya Jepang. Untuk lantai menggunakan vinyl yang juga dipadupadankan dengan acian semen di bagian tangga. 

Karena bentuk bangunan rumahnya miring, semua barang-barang dan interior rumah dicustom oleh sang pemilik. Sehingga menyesuaikan rumah yang tidak simetris. Sehingga dapat tertata dengan baik dan menyesuaikan ruang. 

Terdapat rooftop di lantai 3

Rooftop rumah mungil dan minimalis di dalam gang

Photo :
  • YouTube Rizki Abadi

Hal unik dari rumah mungil ini adalah adanya rooftop terbuka di lantai paling atas atau lantai tiga. Sehingga dapat melihat pemandangan kota yang luas dan menghirup udara. Sebelum naik menuju rooftop, terdapat area service atau laundry area untuk mencuci dan menjemur pakaian. 

Ide rumah dan budget

Rumah mungil minimalis di dalam gang

Photo :
  • YouTube Rizki Abadi

Untuk membangun rumah mungil nan minimalis ini sang pemilik menggunakan jasa arsitek. Konsep awal rumah ini adalah ingin memanfaatkan ruang dan menggunakan split level karena lahan yang rawan banjir. Jadi dibuat tinggi 1,5 meter di halaman depan rumahnya. 

“Ide awalnya kita bawa ke arsitek dengan bilang lahannya mungil, tapi kita perlu ruangannya ini, ini, ini jadi pemanfaatan ruang. Nah, terus kita juga bilang pemanfaatan lahannya itu yaitu banjir yah jadi dibikin split level,” ungkap Fay.

Rumah ini mulai dibangun tahun 2020 awal karena covid mundur 6 bulan pengerjaan jadi satu tahun diselesaikannya. Sementara itu, kisaran budget untuk membangun rumah kecil dan minimalis yang ada di dalam sebuah gang ini adalah sekitar Rp300 juta. Kisaran harga tersebut sudah termasuk dengan jasa arsitek, sebagian interior dan beberapa build in furniture

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya