Inspirasi Tiny House Ala Rumah Container yang Minimalis dan Nyaman Dihuni

Inspirasi tiny house Kediaman.NV
Sumber :
  • YouTube WicakMifta

VIVA Hunian – Mungkin banyak dari kamu yang membutuhkan inspirasi rumah sebagai hunian yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan. Tak melulu harus rumah besar, rumah kecil atau tiny house pun juga tetap bisa menjadi hunian yang nyaman.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

Salah satunya seperti tiny house milik Praditya Kusuma atau akrab disapa Aca di Semarang yang menamai rumahnya sebagai Kediaman.NV yang bisa menjadi inspirasi. Rumah mungilnya ini terinspirasi dari rumah-rumah container seperti di Amerika, Eropa dan negara lainnya.  

“Karena suka desain yang compact kecil-kecil biar gak stres ngurusin bersih-bersihnya ya, jadi inspirasinya dari rumah-rumah container di Amerika, Eropa dan lain sebagainya,” ungkap Aca dilansir dari YouTube WicakMifta pada Senin, 9 Januari 2023. 

Viral! Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Seperti Istana Pangeran Dubai

Tiny house ala rumah container

Inspirasi tiny house Kediaman.NV

Photo :
  • YouTube WicakMifta
Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Rumah mungil yang terinspirasi dari rumah container ini memiliki luas tanah 100 meter persegi dengan rincian 20 x 5 meter dan dengan total luas bangunan 42 meter persegi. Tiny house ini didesain sendiri oleh pemiliknya tanpa arsitek, namun tetap dibantu disempurnakan oleh kontraktor untuk struktur-strukturnya. 

inspirasi tiny house

Photo :
  • YouTube WicakMifta

Meskipun mungil, bagian dalam rumah ini tampak terlihat luas karena memiliki ceiling yang tingginya dibuat 5,5 meter, jadi rumah terkesan tidak sempit.  Lantai dalam rumah menggunakan vinyl berwarna rich walnut. Di halaman depan dan belakang rumah yang cukup luas terdapat tanaman dan pohon sebagai penghijau. Untuk pagar pemilk rumah menggunakan pagar henderson. 

Inspirasi tiny house Kediaman.NV

Photo :
  • YouTube WicakMifta

Area living room disekat dengan sekat visual sebagai pemisah ruang tamu dan dapur serta meja makan. Untuk dapur menggunakan granit yang dipadukan dengan kabinet kayu, dapurnya simple dan tanpa kabinet atas yang dianggap terlalu bervolume jadi hanya menggunakan ambalan-ambalan untuk meletakkan berbagai keperluan dapur.

Karena berkonsep tiny house, jadi hanya ada satu kamar mandi yang berada di lantai bawah. Ada juga tempat khusus power tools untuk meletakkan palu, obeng dan lainnya di samping tangga bawah. 

Inspirasi tiny house Kediaman.NV

Photo :
  • YouTube WicakMifta

Kamar tidur utama berada di lantai 2 dengan ukuran 5 x 3 meter yang menggunakan lemari built-in dan peletakkan kasur di bawah lantai tanpa dipan. Di kamar utama terdapat juga area untuk bekerja atau spot meja kerja.

Inspirasi tiny house Kediaman.NV

Photo :
  • YouTube WicakMifta

Lama pembangunan dan budget

Rumah ini mulai dibangun pada pertengahan Maret 2022 dan baru selesai untuk ditinggali pada akhir Agustus. Lama proses pembangunan membutuhkan waktu sekitar 5-6 bulan. Sementara, total biaya pembangunannya sebesar Rp260 juta yang sudah termasuk dengan lemari built-in dan dapur. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya