Basic Tapi Banyak yang Bingung, Ini 3 Tips Pilih Warna Cat yang Tepat Buat Rumah

Ilustrasi cat rumah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Warna dapat berdampak besar pada suasana hati dan emosi. Itulah alasannya mengapa sangat penting memilih warna cat yang tepat saat mendekorasi sebuah ruangan

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Terutama, ruangan dalam rumah. Sebab, tempat ini adalah tempat perlindungan terbaik untuk beristirahat. Namun, dengan begitu banyak jenis dan warna, memilih warna cat bisa menjadi hal yang membingungkan. Yuk, scroll untuk tahu informasi selengkapnya.

Lalu, bagaimana cara memiliih warna cat yang tepat untuk berbagai ruangan di rumah? Berikut ulasannya yang dipaparkan oleh desainer interior, dilansir Forbes, Senin 27 Februari 2023. 

Membetulkan Bodi Mobil Berstandar Pabrik Cuma Butuh Waktu 8 Jam

Ilustrasi mengecat dinding

Photo :
  • Pixabay

Tentukan suasana ruangan terlebih dahulu
Menurut psikolog warna, warna yang berbeda akan membangkitkan emosi yang berbeda pula. Manager Desain di Magnet, Jen Nash, menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri. Apakah warna tersebut digunakan untuk hiburan, ruang makan atau kamar untuk bersantai.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

"Pikirkan suasana yang ingin Anda ciptakan dan pilih warna cat yang sejalan dengan prinsip psikologi warna untuk membantu membangkitkan hasil yang diinginkan," kata dia.

Misalnya, warna sejuk seperti biru, hijau dan putih, biasanya menciptakan suasana tenang dan menenangkan. Sedangkan warna hangat seperti merah, jingga dan kuning, menciptakan kesan drama dan energi.

Periksa apakah ruangan terang atau gelap
Jika ruangan menghadap ke utara atau selatan, matahari tidak akan menyinari ruangan secara langsung sehingga secara tidak langsung akan jauh lebih sejuk dibanding ruangan yang menghadap ke timur atau barat.

"Ini akan memengaruhi apakah warna membutuhkan rona yang lebih hangat atau lebih dingin untuk menyeimbangkan sinar matahari," ujarnya.

Sebelum menentukan warna, Nash menyarankan untuk mendapatkan sampel dan cat kotak di dinding. Perhatikan baik-baik bagaimana perubahannya pada pencahayaan tertentu sepanjang hari.

Ilustrasi mengecat dinding

Photo :
  • Pixabay

Cocokkan dengan warna perabot
Pikirkan apakah cat pilihan Anda akan cocok dengan detail kayu, karpet atau warna yang berdekatan dengan sekitarnya, bahkan dengan pemandangan di luar.

Misalnya, dinding putih di ruangan dengan furnitur berwarna merah muda akan terlihat merona, yang mungkin Anda cari. Tetapi jika Anda menginginkan warna putih mencolok, pilihlah yang memiliki semburat biru.

Di sisi lain, program customer promo Happy Wheel 2022 yang telah berlangsung dari 1 Januari hingga 31 Desember 2022, secara resmi telah ditutup. CEO Propan Raya, Kris Rianto Adidarma, menyampaikan rasa terima kasih pada seluruh konsumen, yang telah membantu menyukseskan program ini selama setahun.

"Terima kasih kepada seluruh mitra kerja, toko-toko cat, toko dan supermarket bahan bangunan, yang telah mendukung dan menyukseskan program Happy Wheel ini. Selain itu, kepada pelanggan setia di mana pun Anda berada, terima kasih telah menjadikan cat Propan sebagai pilihan terbaik dalam mempercantik dan melindungi rumah atau bangunan Anda," ujar Kris pada Malam Pengumuman Pemenang Grand Prize Happy Wheel, melalui keterangannya, dikutip VIVA

Boy William, Brand Ambassador Propan Raya juga menggunakan produk cat ini untuk seluruh rumah barunya. 

"Kalo butuh cat, go to Propan I tell you! Gw pakai cat Propan untuk seluruh rumah. Mulai dari cat dinding, cat lantai, cat dekoratif untuk mempercantik beberapa sudut ruangan hingga cat waterproofing. Warnanya, gw suka,” ucap Boy William.

Boy William.

Photo :
  • Instagram @boywilliam17

Si Ratu Roasting, Kiky Saputri, setelah mengecat rumahnya di Bekasi, merasa puas dengan warna-warni cat ini. Kini, dia berencana mengecat rumah barunya yang akan ditinggali bersama sang suami, Muhammad Khairi. 

"Untuk rumah saya sebelumnya kan sudah full menggunakan cat Propan dan saya sangat puas dengan hasilnya. Sekarang sedang mulai pengerjaan rumah baru, untuk tempat tinggal saya dan suami. Makanya, rumah baru nanti juga akan menggunakan cat Propan,” ujar Kiky Saputri. 

Tidak ketinggalan, Onsu Family yang diwakili oleh Sarwendah dan Betrand Putra Onsu, mereka pun  mempercayakan untuk menggunakan cat Propan untuk mempercantik sekaligus melindungi rumah baru mereka. 

"Untuk rumah baru ini, kami ingin mewujudkan ‘dream room’ kami masing-masing, dan semua bisa diwujudkan dengan cantik oleh cat Propan. Saya juga semakin yakin menggunakan cat ini, karena ternyata rekan-rekan artis banyak yang menggunakannya,” ucap Sarwendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya