5 Tips Rumah dan Barang Elektronik Tetap Aman Selama Ditinggal Mudik

Ilustrasi rumah saat ditinggal mudik
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Lebaran Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi. Para perantau sudah sibuk mempersiapkan untuk mudik lebaran tahun ini. Jalan raya dan tol pun sudah mulai dipadati para pemudik. Libur Lebaran sering dijadikan ajang mudik bagi pendatang di Jakarta. Mereka kadang meninggalkan rumah dalam waktu tidak sebentar.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Buat kamu yang belum mudik dan ingin meninggalkan rumah atau kos di perantauan, kamu wajib banget tahu tips agar rumah aman saat ditinggal mudik lebaran. Yuk simak tipsnya berikut ini.

1. Nyalakan Lampu Teras

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Meski ditinggal mudik, kamu wajib banget menyalakan lampu teras dan sebagian rumah agar terlihat berpenghuni. Untuk menghemat listrik dan tidak seperti rumah kosong, gunakanlah lampu pintar yang bisa mendeteksi intensitas cahaya dan memiliki timer.

2. Lepas Regulator Gas

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Karena ditinggal cukup lama, sebaiknya kamu melepas regulator tabung gas sebelum mudik. Juga pastikan tabung gas dalam kondisi aman untuk mencegah terjadinya kebocoran gas. Selain itu, kamu juga wajib mengosongkan gas di dalam tabung agar lebih aman. Langkah ini untuk menghindari terjadinya kebakaran akibat kebocoran tabung gas.

3. Kunci Pintu dan Jendela

Ketika kamu mudik, jangan sampai terburu-buru. Pastikan untuk selalu mengunci jendela dan pintu-pintu rumah. Kamu juga bisa menambahkan gembok agar rumah atau kos lebih aman dan terhindar dari pencurian. Jangan sekali-kali kamu meletakkan kunci yang di tempat-tempat rawan seperti pot bunga, rak sepatu, atau di tempat persembunyian lainnya. Alangkah baiknya untuk membawa kunci tersebut saat mudik.

4. Pantau CCTV

Teknologi yang semakin canggih, kini mengontrol CCTV bisa digunakan menggunakan handphone hanya dengan memantau dari aplikasi di smartphone kamu. Kamu bisa mengontrol secara berkala atau di jam-jam rawan. Jika di rumah atau kos kamu tidak ada CCTV, kamu bisa meminta bantuan tetangga untuk mengontrolnya.

5. Cabut Barang Elektronik dari Stop Kontak

Ini adalah tips yang kadang-kadang diabaikan. Padahal ini adalah langkah penting karena harus ditinggal beberapa hari bahkan sampai berminggu-minggu. Ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek listrik atau korsleting. Sebelum mudik, pastikan barang-barang elektronik seperti mesin cuci 1 tabung, vacuum cleaner, air fryer dan lainnya dalam kondisi tidak menyala dan tidak tersambung dengan stop kontak.

Mesin cuci 1 tabung juga dikenal sebagai mesin cuci bukaan atas, merupakan pilihan populer bagi banyak orang di Indonesia. Mesin cuci ini menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan mesin cuci 2 tabung, seperti lebih hemat air, lebih hemat deterjen, lebih mudah digunakan, kapasitas lebih besar dan lebih serbaguna. Ketika mudik, pastikan mesin cuci 1 tabung dirumah kamu dalam keadaan mati dan kabel listriknya sudah dicabut dari stop kontak.

Vacuum cleaner yang sudah digunakan untuk bersih-bersih ketika lebaran, juga harus kamu pastikan dalam keadaan mati dan listriknya sudah dicabut dari stop kontak ketika kamu hendak mudik.

Nah, yang terakhir yang benar-benar harus kamu pastikan listriknya mati dan sudah dicabut dari stop kontak adalah air fryer. Karena jika lupa mematikan listrik air fryer berhari-hari bahkan berminggu-minggu, maka air fryer bisa terbakar karena kepanasan sehingga bisa menyebabkan salah satu sumber rumah kebakaran.

Jika semua tips ini sudah kamu terapkan, maka mudik kamu akan terasa tenang dan aman. Barang elektronik yang sudah kamu beli di Tokopedia juga akan baik-baik saja ketika ditinggal mudik. Selamat mudik dan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya