Bahaya Produk Pemutih untuk Bersihkan Kamar Mandi

Ilustrasi kamar mandi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Membersihkan kamar mandi secara rutin ternyata memiliki risiko tersendiri. Apalagi jika Anda sering menyikat lantai dan dinding kamar mandi dengan produk pemutih atau bleach.

Lakukan 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini, Kurangi Risiko Demensia

Dilansir dari laman Metro.co.uk, Rabu, 13 September 2017, orang yang secara rutin menggunakan produk pemutih untuk membersihkan kamar mandi berisiko lebih tinggi menderita penyakit paru-paru yang fatal. Demikian menurut para peneliti.

Sebuah studi telah menemukan, sering terekspos produk pembersih yang menggunakan bahan-bahan kimia tertentu dapat meningkatkan risiko chronic obstructive pulmonary disease (COPD) atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) sebesar 22-32 persen.

Selain Diabetes Omas Juga Sakit Paru-paru, Ini Tanda Peringatannya

PPOK telah menyerang sekitar 25 ribu orang di Inggris setiap tahunnya. Studi tersebut mengamati perkembangan PPOK pada 55 ribu perawat dan menemukan bahwa penggunaan disinfektan meningkatkan risiko kesulitan bernapas yang terkait dengan PPOK.

Para peneliti lantas mengatakan bahwa hasil studi menunjukkan dibutuhkan lebih banyak saran kesehatan dalam panduan membersihkan dan penggunaan disinfektann di sejumlah tempat, seperti rumah sakit.

Studi: Ribuan Orang Mantan Pasien COVID-19 Terancam Gangguan Paru

Sedangkan bahaya pengguaan produk pembersih rumah disebut masih membutuhkan studi lebih lanjut.

Ilustrasi membersihkan rumah.

3 Tips Jaga Udara dalam Ruangan agar Selalu Segar

Terlebih polusi udara juga berbahaya bagi sistem pernapasan kita. Berikut tiga tips and trick menjaga udara di dalam rumah.

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2021