Tips Desain Kamar Sesuai Karakter Buah Hati

Ilustrasi desain kamar
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati mereka,  mulai dari pendidikan, kesehatan, dan lingkungan yang baik. Tak terkecuali dengan kamar tidur yang nyaman bagi sang buah hati tercinta. 

Target Nilai Proyek Dinaikkan 2024, Mitrarumah Perkuat Pemasaran Produk di Jabodetabek

Pada dasarnya kamar merupakan cerminan dari kepribadian sang anak, namun banyak dari orangtua yang mendekorasi kamar anak seperti yang mereka inginkan, bukan seperti yang anak inginkan. 

Seperti di lansir dari TDNLifestyle, pada Senin 18 September 2017. Seorang interior designer Kelee Katillac mengatakan, bahwa lebih baik mendiskusikan terlebih dahulu kepada sang anak sebelum menentukan tema yang tepat untuk kamar buah hati Anda, Dan berikut ini adalah bagaimana cara membuat kamar tidur sesuai dengan karakter sang anak.

Penuhi Kebutuhan Rumah Bagi Pekerja, BPJS Ketenagakerjaan dan Perumnas Jalin Sinergi

1. Tentukan fungsi pada ruangan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan fungsi pada ruangan tersebut. Selain menjadi tempat beristirahat sang anak, kamar juga digunakan sebagai ruangan belajar dan bermain sang anak. 

Ayu Ting Ting Syukuran Rumah Baru, Seberapa Mewah?

Atur bagian-bagian pada ruangan dengan tepat. Anda dapat menggunakan satu set meja belajar serta rak yang senada sebagai bagian anak belajar, pastikan anak Anda mempunyai ruang yang cukup untuk meletakkan buku-buku pelajarannya, dan berikan pencahayaan yang cukup untuk membantu penglihatan mereka saat belajar. 

2. Pilih warna yang sesuai

Pilihlah warna yang terang untuk ruangan kamar anak Anda. Biarkan anak memilih warna yang mereka inginkan, namun apabila Anda takut anak memilih warna yang terlalu mencolok, Anda dapat memberikan pilihan warna yang sudah anda pilih terlebih dahulu untuk dijadikan opsi pilihan si buah hati.

Menggunakan wallpaper dapat menjadi opsi tambahan bagi Anda dan buah hati sebagai dinding kamar anak Anda.  

3. Pilih tema yang sesuai

Biarkan anak berekspresi sesuai dengan yang mereka inginkan, biarkan anak yang memilih sendiri akan tema yang mereka inginkan, jika anak gemar dengan suatu karakter tertentu Anda dapat menambahkan funiture seperti bantal, seprai, selimut atau dengan wallpaper dengan sentuhan karakter yang anak Anda gemari. 

4. Pilih funiture yang sesuai

Pemilihan funiture yang seimbang akan memaksimalkan nilai fungsional pada kamar anak Anda, jangan meletakkan funiture berlebihan pada kamar anak seperti, terlalu banyak buku-buku yang akan membuat anak Anda stres akan belajar, atau pemberian mainan berlebihan pada kamar anak, yang membuat anak akan menjadi lebih interaktif dan sulit untuk beristirahat.

5. Perhatikan apa yang anak Anda sukai

Berikan ruang yang cukup bagi anak Anda untuk melakukan apa yang mereka sukai, jika anak Anda menyukai mengoleksi sesuatu, Anda dapat meletakkan rak pada sudut kamar anak Anda sebagai tempat penyimpanan koleksi dari buah hati Anda. 

6. Tetap perhatikan kondisi kamar sang buah hati

Tetap perhatikan kondisi kamar anak Anda, terlebih apabila di dalam kamar anak Anda terdapat peralatan elektronik seperti tv, dan komputer. Anda dapat mengingatkan anak Anda untuk beristirahat. Pastikan sang anak mempunyai waktu yang cukup untuk beristirahat dan tidak terlalu banyak menonton tv atau bermain dengan komputer. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya