Tinggal dengan Lansia, Perhatikan Desain dan Interior Rumah

Pasangan lansia di China
Sumber :
  • Weibo

VIVA.co.id – Ketika memutuskan untuk merawat lansia dalam rumah, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tak hanya soal kesehatan, tapi juga perlu dipikirkan masalah keselamatan. Apa sajakah itu?

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Dilansir dari laman Huffington Post, Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan jika kita ingin merawat lansia.

1. Kurangi furnitur dengan risiko bahaya tinggi

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Kurangi furnitur dengan risiko tinggi yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan di dalam rumah, seperti pemasangan karpet yang berlebih. Hal ini untuk mengurangi risiko lantai licin dan lansia terjatuh. Pasang pegangan pada kedua sisi tangga rumah, dan pastikan rumah Anda memiliki pencahayaan yang baik.

2. Pikirkan untuk mengubah lokasi kamar tidur lansia

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Jika Anda memiliki kamar tidur di lantai atas pada rumah untuk lansia, pertimbangkan untuk memindahkan kamar ke lantai dasar. Sebab, dengan bertambahnya umur, lansia akan sulit untuk melihat pada malam hari. Selain itu, hal ini juga mengurangi risiko lansia terjatuh pada saat menuruni tangga. 

3. Perluas ukuran kamar mandi Anda

Seiring dengan bertambahnya usia, kamar mandi merupakan tempat yang paling banyak menimbulkan bahaya besar. Pertimbangkan untuk memperluas kamar mandi sehingga akan mempermudah lansia ketika berjalan.

Gunakan bak mandi yang lebih besar, shower dan keran yang mudah dijangkau. Pilih lantai kamar mandi yang tidak licin, dan pastikan pencahayaan masuk dengan baik ke dalam kamar mandi. 

4. Berikan ruang yang cukup untuk berjalan

Saat memperbesar kamar mandi, ruang tamu, dan ruangan lainnya pertimbangkan untuk memperbesar pintu, dan ruang lantai untuk mengakomondasikan kemunggkinan penggunaan kursi roda dan mempermudah Anda berjalan di masa yang akan datang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya