Rahasia Bahan Alami untuk Mengusir Serangga di Rumah

Membersihkan semut di rumah
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Banyak sekali cara untuk membersihkan dan menjaga lantai rumah agar tetap bersih. Terutama untuk mengusir serangga, seperti lalat, semut, dan kecoa, sehingga aktivitas di dalam rumah tidak terganggu.

Serangga Ini Kuasai AS, Padahal Sempat Terancam Punah

Saat ini, sudah banyak produk pembersih rumah yang dapat menghilangkan serangga-serangga tersebut. Selain dengan menggunakan produk yang sudah ada di pasar, Anda juga dapat menggunakan produk-produk dengan bahan-bahan yang alami, sehingga aman digunakan pada rumah.

Dr Kartika Mayasari, seorang penulis kesehatan dari Klik Dokter, menjelaskan bahwa saat ini sudah banyak sekali produk pembersih rumah, yang di dalamnya sudah ada bahan-bahan alami seperti lemon dan lavender. Selain itu, daun sereh juga dapat dipakai sebagai obat alami untuk mengusir serangga.

Cara Kerja Nyamuk Wolbachia, Inovasi Baru untuk Atasi Penyebaran DBD di Indonesia

"Sebenarnya, sampai detik ini banyak sekali bahan-bahan alami, namun yang paling aman adalah sereh," tuturnya, saat ditemui di Jakarta, Selasa 3 Oktober 2017.

Ia menjelaskan bahwa daun sereh sudah terkenal memiliki aroma yang yang menyegarkan untuk manusia, namun tidak disukai oleh serangga. "Wangi dari sereh itulah yang membuat serangga pergi, dan tidak mendekati wilayah itu lagi," tuturnya.

Penyebab Kunang-kunang Mengeluarkan Cahaya

Ia juga mengatakan bahwa di dalam kandungan sereh terdapat citronella oil yang dapat menjadi pengusir serangga alami, serta melawan bakteri dan jamur. (asp)

Ilustrasi makanan dari serangga.

Mengonsumsi Serangga Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh, Apa Saja?

Salah satu sumber makanan yang mulai mendapatkan perhatian lebih adalah serangga. Meskipun mungkin terdengar tidak biasa, tapi konsumsi serangga banyak manfaatnya.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024