Tips Memelihara Kucing di Rumah Minimalis

Memelihara kucing di rumah minimalis
Sumber :
  • VIVA/Ayu Utami Paramitha

VIVA – Ternyata memelihara kucing di dalam rumah minimalis itu mudah, seperti yang dikatakan oleh dokter hewan drh. Angela Maharani. Ia menjelaskan bahwa memelihara kucing tidaklah susah, yang terpenting adalah kenyamanan dari kucing tersebut. Ruangan kecil pun tidak masalah. 

3 Dampak Negatif Tidur dengan Kucing Peliharaan, Bisa Tertular Penyakit Zoonotik

Kenyamanan kucing bisa dilihat pada bentuk kandang yang baik, misalnya. Bentuk kandang yang baik adalah bentuk kandang yang tinggi, serta memiliki fasilitas untuk kucing dapat melompat ke atas. 

"Kenapa harus tempat tinggi, karena tempat tinggi memberikan kenyamanan dan rasa aman untuk diri kucing itu sendiri. Seperti pada habitatnya, kucing biasanya hidup di tempat tinggi untuk memantau dan menghindari predator yang ingin memangsanya," ucapnya saat ditemui oleh VIVA pada acara peluncuran makanan kucing dengan rasa terbaru Fancy Feast di Jakarta, Jumat, 24 November 2017.

Bambang Pamungkas Bingung Akun X Bisa Dibajak 'Kucing'

drh. Angela juga menjelaskan bahwa memiliki ventilasi udara yang sangat baik juga penting untuk menghindari lembap pada kucing. Udara lembap dapat membuat kucing dengan mudah terkena flu atau penyakit lainnya. 

Peletakan litter box atau tempat pembuangan kotoran sebaiknya diletakkan dekat dengan kamar mandi dan jauh dari tempat makan dan minum kucing. Tentunya untuk menghindari bakteri-bakteri yang ada di dalam kotoran kucing masuk ke dalam makanan dan minumannya.

Viral Dansatgaspam Papua Asal Jambi Beri Ayam Goreng ke Kucing

"Munggkin ini sering menjadi pertanyaan ya, kenapa kucing jarang sekali minum, walaupun sudah disediakan tempat minum namun mereka lebih memilih minum dari bak kamar mandi atau tempat lainnya. Itu karena kucing itu pemilih dan hanya menginginkan minuman dan makanan yang segar saja," ucapnya menambahkan. 

Terakhir adalah ruang bermain untuk kucing itu sendiri. Sebaiknya menyediakan ruang bermain khusus untuk mereka. Untuk ruangan minimalis dapat meletakkan mainan kucing atau rumah-rumah kucing yang digantungkan pada dinding. Namun jika dinding rumah Anda sudah terisi penuh, dapat menggunakan boks kecil yang diberikan lubang, sehingga kucing dapat bermain dengan sendirinya di tempat tersebut.

Rachel Vennya

Rachel Vennya Panik Lihat Kucing Peliharaan Ditelantarkan hingga Sakit, Begini Klarifikasi Okin

Kabar dugaan Okin telah menelantarkan hewan peliharaannya pertama kali dibagikan oleh Rachel Vennya di Instagram story khusus bagi pengikutnya yang berlangganan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024