Tips Pasang Lukisan Agar Tampak Seperti Profesional

ilustrasi lukisan di rumah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi Anda penggemar lukisan dan ingin memasang karya seni rupa itu di rumah, tips berikut ini layak Anda simak. Karena memasang lukisan itu tak sekadar meletakkan di sembarang dinding.

Tapi perlu sedikit strategi agar tampak indah dilihat. Menempatkan lukisan di titik yang tepat pada ruangan, tak hanya mengesankan nilai estetika tapi juga sebagai titik fokus yang baik.

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Dilansir dari Architectural Digest, Selasa, 19 Desember 2017, berikut ini kiat memasang lukisan di rumah.


1. Buat strategi
Sebelum memulai menancapkan paku pada dinding, ketahui seberapa berat lukisan. Pilih paku dengan ukuran yang sesuai. Paku yang terlalu kecil tak cukup kuat untuk menahan bobot lukisan. Sesuaikan juga dengan jenis dinding Anda. Paku untuk dinding beton berbeda dengan paku untuk dinding batu bata.

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

2. Siapkan seluruh perlengkapan
Sebelum mulai pasang lukisan, pastikan seluruh perlengkapan Anda sudah tersedia. Mulai dari paku, pita, palu, pensil dan peralatan mengukur. Sebaiknya Anda juga menyiapkan selotip. Ukur dengan pensil seberapa tinggi Anda akan memasang lukisan itu. Sebisa mungkin hindari keretakan dinding dengan memperhatikan titik yang akan dipaku. Pastikan setengah dari badan paku tertanam dengan baik sehingga dapat menahan beban lukisan.

3. Atur ketinggian
Idealnya tinggi lukisan adalah 57 inci di atas permukaan tanah atau setinggi garis mata manusia. Rumus ini juga digunakan untuk memasang lukisan yang diletakkan di galeri museum. (one)

Prabowo Diberi Lukisan Tangan oleh SBY Saat Hadir Silaturahmi dan Bukber Partai Demokrat
Denny JA

Kata Kritikus Seni Rupa soal Lukisan Artificial Intelligence Karya Denny JA

Kritikus seni rupa dan film Indonesia, Wina Armada Sukardi mengatakan, langkah Denny JA memakai Artificial Intelligence (AI) dalam seni rupa merupakan terobosan.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024