Pentingnya Menentukan Keseimbangan Desain Rumah

Desain ruang tamu
Sumber :
  • Brittany Ambridge @Gachot Studios

VIVA – Ketika mendekorasi rumah, salah satu hal yang penting untuk di perhatikan adalah keseimbangan dekorasi. Dengan dekorasi yang seimbang, ruangan akan lebih nyaman dan terlihat rapi, serta tidak berlebihan.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Ternyata, menjaga keseimbangan dekorasi rumah tidak semudah seperti yang dibayangkan. Beberapa orang, bahkan tidak menyadari bahwa tidak ada keseimbangan dalam dekorasi rumahnya. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir, karena dilansir dari Arcitectural Digest, Rabu 27 Desember 2017. interior designer, Greg Natale akan membagikan tips bagaimana menjaga keseimbangan dekorasi di dalam rumah.

1. Warna

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Penggunaan warna merupakan tolak ukur pertama dalam menjaga keseimbangan dekorasi ruangan. Menggunakan warna yang tepat dapat menonjolkan estetika ruangan, sebaliknya, menggunakan perpaduan warna yang tidak tepat akan membuat ruangan menjadi lebih padat dan terkesan memaksa.

2. Perhatikan kontras

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Menata kontras pada ruangan juga perlu diperhatikan dengan baik. Beberapa ruangan didesain terlalu terang atau terlalu gelap. Karenanya, penting untuk menata kontras dengan baik, seperti pada ruangan kecil dan gelap, agar terlihat besar dapat dengan menambahkan pencahayaan. Baik dengan menggunakan jendela atau dengan penggunaan cahaya buatan seperti lampu.

3. Aksesori

Penataan aksesori juga menjadi salah satu langkah menyeimbangkan dekorasi yang baik. Seperti jika Anda ingin menggunakan warna terang seperti ungu muda, namun tidak ingin terlalu berlebihan. Anda dapat menggunakan aksesori dengan corak berwarna ungu. Seperti bantal, jangan ragu untuk bermain dengan pola, namun agar tetap seimbang sebisa mungkin tetap menggunakan satu warna yang sama.

4. Sesuaikan dengan ukuran furnitur

Bentuk dan ukuran dari furnitur juga penting diperhatikan agar ruangan tetap seimbang. Ketika memiliki ruangan dengan luas terbatas, sebaiknya tidak menggunakan furnitur dengan ukuran terlalu besar. Anda dapat menggunakan furnitur yang ramping atau yang memiliki rangka kaki sehingga ruangan tidak terlihat terlalu padat.

5. Bermain dengan ide

Salah satu kunci dalam mendekor adalah dengan cara mengeksplor ide yang telah dimiliki. Dengan memiliki berbagai macam ide, akan membuat ruangan terlihat bervariasi. Namun jangan terlalu terpaku akan sebuah ide, jika dirasa ide tersebut dapat lebih disesuaikan dapat dengan kebutuhan akan ruangan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya