Desain Rumah Vintage Sih Keren, Tapi Waspadai Bahaya Ini

Ilustrasi Lampu
Sumber :
  • Pixabay/ Unsplash

VIVA – Ketika mendesain rumah sebaiknya, bukan hanya mementingkan bagaimana setiap ruangan tertata rapi dan terlihat estetika namun juga memikirkan bagaimana keamanan ketika menggunakan dekorasi tersebut dalam jangka panjang.

Atap Rumah Warga Roboh di Mampang Prapatan, Balita Jadi Korban

Namun sayangnya banyak yang mengikuti beberapa tren dekorasi yang sedang populer, namun sebenarnya dapat berbahaya bagi Anda dan keluarga. Dilansir dari Cheat Sheet, Rabu, 27 Desember 2017 berikut adalah beberapa dekorasi yang dapat membahayakan diri Anda dan keluarga.

1. Menggunakan lampu antik

Melihat Desain Rumah Masa Kecil Jendral Achmad Yani di Purworejo

Menggunakan lampu antik pada ruangan memang dapat memperkuat kesan vintage pada ruangan. Namun ketika Anda menggunakan lampu tua tersebut terutama lampu gantung pikirkan daya tahan lampu tersebut. Lampu antik biasanya sudah memiliki umur yang cukup tua, dan sedikit berisiko untuk menggunakannya. Karena kita tidak mengetahui seberapa daya tahan lampu tersebut dapat bertahan, sebelum lampu tersebut putus dan terjatuh.

2. Membiarkan lilin menyala

Jadi Cagar Budaya, Rumah Tua Cimanggis Bakal Direhab

Menggunakan lilin memang dapat mempercantik dan memberikan nuansa romantis pada ruangan. Apalagi jika Anda meletakkannya di atas meja, dekat jendela hingga dekat dengan tempat tidur. Namun jika menggunakan lilin terus menerus tanpa adanya pengawasan berpotensi menimbulkan kebakaran. Karenanya pastikan untuk menggunakan tempat yang layak, dan meletakkannya jauh dari barang-barang yang mudah terbakar. Jangan lupa untuk mematikan kembali ketika lilin sudah tidak digunakan agar tidak membahayakan Anda dan keluarga.

3. Gunakan dekorasi antik

Banyak dekorasi antik mulai dari yang berbentuk kecil hingga besar, dapat mengandung senyawa yang berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan Anda dan keluarga.

Karenanya ketika Anda ingin menggunakan dekorasi antik sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu apakah terdapat cairan yang tidak dikenali di dalamnya, dan pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum digunakan.

4. Menggunakan tanaman hias

Tidak semua tanaman hias aman digunakan. Beberapa tanaman hias memiliki racun seperti getah yang dapat membuat kulit kemerahan hingga gatal-gatal hingga duri yang tajam yang dapat melukai tubuh. Kebanyakan orang dewasa tidak terlalu terganggu dengan tanaman hias beracun tersebut. Namun dapat berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan.

5. Cat dinding tua

Jika Anda memiliki rumah tua yang dibangun sebelum tahun 1978, ada kemungkinan besar cat yang menempel pada rumah tersebut mengandung timah. Cat yang mengandung timah dapat berbahaya jika dihirup atau tertelan karena sangat mudah mengelupas. Jika Anda memiliki sebuah rumah tua sebaiknya Anda memanggil pakar ahli yang paham mengenai cat dinding untuk memeriksanya apakah cat tersebut mengandung timah atau tidak, dan jika mengandung timah jangan ragu untuk menggantinya dengan cat dinding yang lebih aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya