Cara Jitu Latih Kucing Buang Air di Toilet, Kuncinya Sabar

Kucing buang air di toilet
Sumber :

VIVA – Memiliki hewan peliharaan seperti kucing, memang sangat menggemaskan. Anda dapat menghabiskan waktu dengan bermain dan bermanja-manja bersamanya.

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

Tapi bicara soal hewan peliharaan, ada senang dan sedihnya. Sedihnya adalah harus membuang kotoran mereka setiap hari. Apalagi jika kucing Anda, belum terlatih membuang kotoran pada tempatnya. Rumah jadi kotor dan Anda mau tak mau harus mengepel lantai.  

Meski begitu, bukan berarti tak ada solusi. Anda bisa mengajarkan kucing untuk buang air di toilet. Selain membuat rumah terjaga kebersihannya, melihat kucing Anda menggunakan toilet sendiri, tentu sebuah lompatan prestasi yang membanggakan.  

Di Kanada Peluk Kucing Digaji Rp 100 Juta, Minat Daftar?

Dilansir dari Toiled Tranied Cat, Jumat 12 Januari 2018, ada langkah-langkah yang disarankan untuk cat potty training. Tidak harus kucing dengan kecerdasan tingkat dewa kok, yang bisa melakukannya. Semua kucing bisa.

Kiat pertama adalah beri tahu kucing Anda dan berlatih terus-menerus. Tujuan dari pelatihan ini, yaitu mentransisi kebiasaan buang air yang sebelumnya menggali pasir, beralih pada mangkuk toilet.

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Memang bukan langkah mudah, dan perlu waktu untuk membiasakan mereka menggunakan toilet, namun lambat laun kucing Anda akan terbiasa.

Kuncinya adalah perhatikan momen saat ia ingin buang air. Sebelumnya, hilangkan bak pasir (tempat biasa kucing membuang kotoran), ketika sang kucing ingin membuang air mereka akan mencarinya, dan menunjukan berbagai macam tanda. Seperti mengeong hingga mengaruk-garuk lantai. Ketika Anda sudah melihat tanda tersebut tuntunlah si kuncing ke toilet.

Yang terpenting dalam mengajarkan kucing kesayangan untuk menggunakan toilet adalah kesabaran. Jika ia ternyata belum merasa nyaman dan menolak menggunakan toilet sebagai tempat membuang kotoran, bisa jadi karena Anda terlalu memaksakan mereka. Jadi, sebaiknya lakukan secara perlahan, dan biarkan kucing terbiasa dengan sendirinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya