Renovasi di Bawah 1 Juta, Bikin Nilai Jual Rumah Tinggi

Kamar mandi.
Sumber :
  • Pixabay/cocoparisienne

VIVA – Ada banyak cara untuk meningkatkan nilai jual hunian Anda. Walaupun sekilas tampak sulit, namun sedikit perubahan yang Anda upayakan, dijamin akan mendongkrak harganya. Tentu saja tips ini berlaku bagi Anda yang sedang berinvestasi di bidang properti, atau Anda yang berencana menjual rumah.  

Gandeng Arsitag, Ekosistem Digital BTN Sediakan Layanan Renovasi Rumah

Seperti dilansir dari Trulia, Kamis 18 Januari 2018, berikut adalah beberapa renovasi yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan nilai jual rumah.

1. Singkirkan perabot lama, ganti yang baru
Seiring waktu, perabotan di rumah juga akan menua. Karenanya lihatlah perabotan rumah Anda. Apakah ada yang sudah tampak usang di dalamnya? Seperti shower dan toilet. Jika perabotan tersebut sudah terkesan usang atau berkarat sebaiknya Anda menggantinya dengan perabotan baru, sehingga tampak lebih segar.

Pakai Uang Pribadi, Ganjar Bantu Renovasi Rumah Reyot Ketua PAC PDIP

2. Ganti pintu depan

Pintu depan adalah titik fokus dari daya tarik rumah. Sebelum menjual rumah, perbarui pintu depan dengan mengganti yang baru, atau cukup dengan mengecat ulang. Anda perlu membayangkan diri Anda sebagai pembeli ketika memilih model pintu, serta mengira-ngira pintu seperti apa yang mampu menarik minat dan punya nilai jual?  

Haru Wanita Tua Punya Anak Guru, Rumahnya Direhab Ganjar

3. Cek lantai
Hal ini sering dilupakan pemilik rumah. Lantai yang retak dapat membuat rumah Anda terlihat lusuh, dan menurunkan nilai jual hunian. Jadi sebelum membuat open house, pastikan lantai rumah Anda bersih, utuh, tanpa ada catat sedikit pun.

4. Korden mewah
Korden merupakan salah satu furnitur yang dapat membuat ruangan terlihat mewah dan berkelas. Karenanya penggunaan jenis tirai perlu untuk diperhatikan. Jika di rumah Anda masih menggunakan tirai lama yang terkesan ketinggalan zaman, sebaiknya gantilah dengan yang terbaru.

5. Jalan setapak dan taman

Paving jalan setapak dengan taman yang hijau, dapat memanjakan mata siapa pun yang memandang. Sebelum calon pembeli rumah menuju pintu utama, ia bisa melihat sekeliling taman yang terdapat aneka tanaman hias. Sebagai material dasar jalan setapak, Anda bisa memilih antara batu bata, beton, atau lainnya, disesuaikan dengan selera dan tema hunian.

6. Ganti toilet
Mengganti toilet lama, retak, atau ketinggalan zaman dapat memberi dampak signifikan pada estetika kamar mandi Anda. Dewasa ini, toilet duduk dinilai lebih berkelas ketimbang toilet jongkok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya