Perjuangan Wanita 81 Tahun Raih Gelar Sarjana

Xue Minxue
Sumber :
  • China Daily

VIVA – Seorang wanita tua di China berhasil membuktikan diri bahwa usia tak menghalanginya untuk menempuh pendidikan. Xue Minxue berhasil mendapatkan gelar sarjana e-commerce dari Universitas Tianjin baru-baru ini pada usia 81 tahun.

6 Bos Indonesia Mantab Jadi Mualaf, Kisahnya Bikin Merinding

Wanita yang tak menikah itu telah berjuang keras selama bertahun-tahun untuk mendapatkan gelar tersebut. Belajar di universitas telah menjadi ambisi hidupnya, tapi dia tidak pernah menyangka baru mencapainya pada usia lanjut.

"Bagi saya, arti hidup adalah untuk terus menantang dan memperbaiki diri. Saya ingin berterima kasih kepada universitas yang memberi saya kesempatan untuk mencapai impian masa kecil saya," kata Xue dalam pidato di upacara wisudanya, Minggu, 4 Februari 2018, seperti dilansir dari Straits Times.

Kisah Dokter Cantik Sukses Bangun Usaha, Berawal dari Gang Sempit

Sebenarnya Xue pernah mengikuti ujian masuk perguruan tinggi di Universitas Northwest pada 1957. Namun, pekerjaannya sebagai perawat di sebuah sanatorium di Provinsi Xian, Shaanxi, membuatnya kesulitan menghadiri kelas lantaran pihak sanatorium melarangnya kuliah karena jumlah stafnya sedikit.

Pada 2001, ketika batasan usia maksimal 25 tahun ujian masuk dihapus, Xue memutuskan untuk melanjutkan mimpinya. Demi mempersiapkan program sarjana, dia mengikuti kursus e-commerce di universitas terbuka.

Dua Warga Indonesia Ini Punya Belasan Gelar Sarjana

Dan pada 2013, dia mencoba ujian masuk perguruan negeri. Sayangnya, saat itu, dia gagal memenuhi persyaratan minimum. Kendati demikian, dia tak ‘patah arang’ hingga akhirnya berhasil terdaftar di program sarjana e-commerce di Universitas Tianjin, Maret 2014 pada usia 77 tahun.

Dia pun rajin belajar. Meskipun Xue tercatat sebagai mahasiswa tertua di antara teman-teman sekelasnya, dia adalah yang paling rajin. Xue bangun pukul 05.00 setiap hari, menyalakan komputer dan belajar sebelum sarapan. Ketika senggang di waktu siang, dia belajar di rumah atau taman terdekat.

Zhang Jun, pengajar di Universitas Tianjin mengatakan bahwa Xue adalah mahasiswa paling rajin yang pernah dia temui dan salah satu siswa terbaik di kelasnya.

"Dia memiliki nilai bagus di sebagian besar program studi kecuali komputer. Dia mencoba enam kali sebelum melewati kursus pada Desember 2017 dan akhirnya mendapat gelar sarjana," kata Zhang.

Sementara itu, Xue mengatakan bahwa belajar membuatnya bahagia dan berguna. Selain nilainya bagus, Xue juga bisa empat bahasa lain, yakni Inggris, Prancis, Rusia, dan Latin, yang dipelajarinya secara otodidak. Dia juga suka fotografi, skating, dan berenang di waktu luang.

"Hidup ini singkat, saya ingin benar-benar dan sepenuhnya menjalani hidup saya. Saya ingin mematahkan stereotip dan tetap setia dengan keinginan saya. Memiliki keberanian mencapai keinginan adalah penting," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya