Bikin Ngilu, Siaran Langsung Makan Es Batu Ngetren di China

Tren makan es batu di China
Sumber :
  • twitter.com/CGTNOfficial

VIVA – Apakah Anda bersedia duduk di depan komputer selama berjam-jam hanya untuk melihat orang asing mengunyah es batu? Ternyata, jutaan orang di China bersedia melakukannya.

Kisah Perjuangan Vikyo, Dari Warnet Hingga sebagai Influencer

Sebuah tren aneh muncul di negeri berjuluk Tirai Bambu itu. Di sana, banyak orang rela menghabiskan waktunya menonton video live streaming seseorang mengunyah es batu. Para penonton merasa senang dengan mendengar suara vlogger mengunyah es batu.  

Dikutip dari Daily Mail, Senin, 12 Februari 2018, es batu itu juga memiliki penampilan yang menarik untuk dilihat. Bahkan, para vlogger membuat sendiri es batu dengan bentuk unik sebelum mengunyahnya. Es tersebut memiliki warna beragam dan punya bentuk yang lucu, seperti ikan, hati atau kupu-kupu.

Revisi UU Penyiaran Menyangkut Siaran Digital seperti Live Streming dan Podcast, Menurut DPR

Industri live-streaming di China telah mengalami lonjakan pertumbuhan dalam tiga tahun terakhir. Ada lebih dari 100 situs dan aplikasi yang menawarkan siaran langsung, dengan pendapatan Rp60 triliun pada tahun ini, naik empat kali lipat dibanding 2015.

Peluang yang sangat baik membuat sebuah perguruan tinggi mengajarkan bagaimana menjadi bintang live-streaming. Itu mengingat ribuan anak muda telah memutuskan berkarier untuk menyiarkan secara langsung kehidupan mereka selama delapan jam sehari. Mereka menampilkan beberapa hiburan, seperti menyanyi, menari atau kebiasaan unik lainnya termasuk makan es batu.

Perempuan Nasrani Gunakan Jilbab Datang ke Pengajian Gus Iqdam: Di Ajak Temen Log In

Tai Zi, Direktur live-streaming Tunshou Entertainment di China mengatakan bahwa para selebriti internet ini mendapatkan uang dari tips dan hadiah virtual yang diberikan oleh fans mereka. Selain itu, situs video memberi mereka komisi berdasarkan jumlah klik yang didapat.

Sementara itu, menurut CGTN, video makan es batu selama 10 detik bisa disaksikan lebih dari satu juta kali. "Selebriti internet live streaming bisa dengan mudah mendapatkan Rp2,2 miliar per bulan," katanya.

Meledaknya industri live-streaming membuat para selebriti internet melakukan cara-cara ekstrem untuk menarik perhatian publik. Desember lalu, seorang vlogger berusia 26 tahun meninggal ketika mencoba melakukan aksi pull-up di atas gedung pencakar langit 62 lantai.

Pada 2016, seorang wanita 21 tahun dijebloskan ke penjara selama empat tahun setelah berpartisipasi dalam pesta seks yang disiarkan secara langsung. Pada tahun yang sama, pemerintah China melarang makan pisang dengan cara yang menggoda secara live-streaming untuk menekan konten yang tidak pantas dan erotis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya