Sejarah Valentine Ternyata Sadis, Jauh dari Romantis

Ilustrasi Valentine
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Hingga kini Hari Valentine dirayakan sebagai hari penuh cinta. Setiap tanggal 14 Februari, banyak pasangan yang memberikan hadiah romantis sebagai ungkapan rasa sayangnya.

Marshanda Dapat Buket Bunga dari Inisial C, Begini Respons Vicky Prasetyo

Namun ternyata tidak banyak yang mengetahui bahwa sejarah ditetapkannya Hari Valentine sangat kejam dan sadis ketimbang romantis. Cerita ini bermula saat seorang santo atau orang suci pada abad ketiga yang mengalami nasib nahas.

Dikutip dari Independent, seorang Santo bernama Valentine dari Terni disebut-sebut tewas pada tahun 269 masehi karena menjadi martir. Menurut legenda, imam Romawi itu dipukuli, dilempari batu, dan dipancung karena menikahkan pasangan secara diam-diam, yang dilarang Kaisar Claudius II selama perang.

Lucu, Polisi Cosplay Badut Saat Tangkap Gembong Narkoba

Karena kisahnya yang berusaha menyatukan pasangan tersebut, Valentine menjadi Santo pelindung cinta, anak muda, dan pernikahan. Sementara penetapan tanggal 14 Februari sebagai Hari Valentine baru ditlakukan oleh Pope Gelasius I pada tahun 496 Masehi.

Rupa wajah St. Valentine, si pejuang cinta

Romantisme Tak Pudar! Nia Ramadhani Ungkapkan Cinta Sejati untuk Ardi Bakrie di Hari Valentine

Meski demikian, ada perselisihan di kalangan sejarawan terkait penetapan hari itu yang dimaksudkan untuk menggantikan festival kesuburan Lupercalia. Namun seiring berjalannya waktu, kejadian tersebut lebih sering dikaitkan dengan peristiwa romantis.

Legenda lain menyebutkan bahwa Valentine berteman dan jatuh cinta dengan gadis buta, putri orang yang memenjarakannya. Sebelum digantung, dia menulis surat cinta kepada kekasihnya tersebut dan menandatangani serta membubuhkan kata-kata berbunyi, "dari Valentine-mu".

Baca juga:

Lima Cara Unik Ungkapkan Cinta di Hari Valentine

Sementara dalam puisi Geoffrey Chaucer menyebutkan Hari Valentine dan menggambarkan Februari sebagai waktunya para burung untuk memilih pasangannya. Tak lama, banyak orang menjadikan Hari Valentine sebagai hari paling romantis.

Terlepas dari perayaannya, tidak banyak yang tahu Santo Valentine sendiri. Ada sebelas orang suci yang tersemat nama Valentine dan diperingati oleh Gereja Katolik, dan setidaknya ada dua orang Santo Valentine lain yang berada di sekitar Santo Valentine dari Terni. Namun karena asal-usulnya begitu tidak jelas, perayaan itu dihilangkan dari Kalender Umum Romawi oleh Gereja Katolik Roma pada tahun 1969.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya