Kenapa Valentine Identik dengan Warna Merah dan Pink?

Ilustrasi Pasangan di Hari Valentine.
Sumber :
  • REUTERS/Romeo Ranoco

VIVA – Hari Valentine yang jatuh tiap 14 Februari selalu identik dengan warna pink dan merah. Pada hari kasih sayang ini semua ornamen, bahkan hingga cokelat juga tak lepas dari warna pink atau merah.

Romantisme Tak Pudar! Nia Ramadhani Ungkapkan Cinta Sejati untuk Ardi Bakrie di Hari Valentine

Tapi pernahkah Anda berpikir mengapa warna pink dan merah selalu berkaitan dengan Hari Valentine? Ternyata, warna merah disebut-sebut melambangkan gairah, keinginan, dan cinta.

Dilansir dari Romper, Rebecca Stevens, kurator pameran tekstil tahun 2007 di Museum Tekstil di Washington, D.C., mengatakan bahwa sejak awal asal usulnya, warna merah adalah warna yang mahal dan terkenal.

Di TPS Tempat Gibran Rakabuming Raka Mencoblos Dekorasinya ala Hari Valentine

"Orang memperdagangkan pewarna ini. Itu sama berharganya dengan emas," kata Rebecca.

Ini karena pada saat itu pewarna sulit didapat, sehingga warnanya menjadi penting dan menarik. Di Prancis, warna merah menjadi warna favorit orang kaya. Dan di negara-negara seperti Jepang dan Italia, warga biasa dilarang memakai warna merah. Merah menjadi warna yang terkait dengan kemewahan dan royalti.

Kumpulan Promo Murah di Hari Valentine dan Pemilu 2024!

Di samping itu, warna merah juga dikaitkan dengan gairah. Warna merah diibaratkan darah yang selalu memompa lewat pembuluh darah. Perlu dicatat juga bahwa pengantin Romawi mengenakan sebuah kerudung merah, menurut penulis Linda Alchin.

Baca juga:

Sejarah Valentine Ternyata Sadis, Jauh dari Romantis

Lima Cara Unik Ungkapkan Cinta di Hari ValentineSejarah

Menurut Guardian, warna merah masih menjadi warna populer yang dipakai oleh banyak pengantin di China hingga saat ini. Tapi mungkin hubungan termudah dan tertua antara warna merah dan konotasinya dengan cinta, adalah mitologi Yunani.

Menurut legenda, mawar merah pertama kali muncul dari darah Adonis. Dan mawar merah itu sendiri didedikasikan untuk Aphrodite, dewi cinta Yunani. Sejak itu, warna merah telah mengambil alih sebagai warna yang paling banyak dikaitkan dengan cinta.

Sementara pink yang merupakan kombinasi warna merah dan putih, konon mengambil sifat kedua warna tersebut dan menjalin hubungan keduanya. Secara historis, putih mewakili kepolosan dan kemurnian. Dicampur dengan gairah membara dari warna merah, pink melambangkan jenis cinta yang lembut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya