Lima Tradisi Perayaan Valentine di Dunia

Ilustrasi Hari Valentine
Sumber :
  • REUTERS/Jamal Saidi

VIVA – Setiap tanggal 14 Februari, hampir di setiap belahan dunia merayakan hari kasih sayang atau disebut juga valentine. Perayaan ini sendiri punya sejarah panjang. 

Romantisme Tak Pudar! Nia Ramadhani Ungkapkan Cinta Sejati untuk Ardi Bakrie di Hari Valentine

Sejarah valentine bermula pada zaman Romawi, Kaisar Claudius II mengeksekusi dua orang yang bernama valentine pada tahun yang berbeda. Keduanya dieksekusi pada tanggal 14 Februari. 

Gereja Katolik mendeklarasikan mereka sebagai martir, dan 14 Februari selamanya dikenal sebagai hari valentine. Hari itu pun dirayakan dengan memberikan hadiah kepada pasangan. 

Di TPS Tempat Gibran Rakabuming Raka Mencoblos Dekorasinya ala Hari Valentine

Meski demikian, ternyata perayaan valentine di tiap belahan dunia punya ciri khas masing-masing. Penasaran seperti apa perayaan valentine di berbagai dunia, berikut rangkuman VIVA, seperti dikutip dari Plated.com.

Jepang

Kumpulan Promo Murah di Hari Valentine dan Pemilu 2024!

Jika di banyak negara perempuan diberi hadiah cokelat oleh pasangannya, di Jepang justru sebaliknya. Perempuan justru yang memberikan hadiah kepada kekasihnya. Tidak hanya itu, setiap cokelat yang diberikan juga memiliki tingkatan yang berbeda tergantung kedekatan hubungan. 

Untuk teman platonik (pertemanan antara pria dan wanita) akan menerima satu jenis, yang dikenal sebagai "giri-choco," atau cokelat kewajiban, sedangkan pasangan romantis akan diberi cokelat yang lebih baik. 

Setelah hari valentine, Jepang merayakan White Day pada 14 Maret. Pada hari ini menjadi momen para pria memberi perempuan hadiah dan cokelat jauh lebih mahal daripada yang mereka terima pada hari valentine.

Korea Selatan

Korea Selatan mengikuti panduan hari kasih sayang serupa seperti di Jepang, dengan pria dan wanita secara tradisional menerima hadiah dan coklat pada tanggal  14 Februari, dan 14 April.  

Namun, mereka memiliki sentuhan tambahan, tanggal 14 April dikenal sebagai black day. Para lajang akan berpakaian hitam, berkumpul, dan makan jajang myeon-mie yang dilapisi pasta kacang hitam yang asin.

Italia 

Meski para pasangan di Italia merayakan 14 Februari dengan perayaan makanan, hadiah, dan beragam hal romantis ada suatu tradisi yang meluas secara nasional bagi para pasangan, yakni Baci Perugina. 

Cokelat kecil ini dibungkus dengan perak dan foil biru, dan penuh dengan hazelnut. Di dalam masing-masing baci, yang berarti "ciuman", berisi catatan cinta kecil yang ditulis dalam berbagai bahasa. Di Verona, kota yang mengilhami Romeo dan Juliet, kota ini didekorasi untuk merayakan acara tersebut, dan acara romantis dijadwalkan sepanjang minggu.

Prancis

Dengan ibu kotanya yang dikenal sebagai kota paling romantis, Prancis tidak perlu terlalu sulit untuk merayakan valentine. Saat valentine tentu akan dihidangkan beragam penganan romantis seperti daging panggang dengan whipped pommes purées (kentang tumbuk), disertai segelas beaujolais Prancis dan chocolate mousse yang mudah dibagikan 

Rusia

Jika Anda berencana merayakan hari valentine di Rusia, jauhi alun alun Belgorod. Liburan romantis telah dilarang di sana, karena pejabat kota percaya bahwa hal itu bertentangan dengan tradisi budaya Rusia. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya