Cara Mudah Bersihkan Noda Bandel di Tas Punggung

Ilustrasi tas ransel atau tas punggung
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tas punggung terkadang dijual dengan harga mahal, karena itu, perawatan yang benar menjadi sebuah keharusan. Namun, saat musim hujan, tas ini akan sangat mudah kotor.

Tempat Ini Sering Terlupakan saat Bersih-bersih Rumah

Bukan hal yang mudah untuk membersihkan dan mengeringkannya karena banyaknya kantong dan lipatan.

Berikut ini dua tips mencuci tas punggung, baik dengan mesin cuci ataupun tanpa mesin cuci yang bisa diterapkan sehari-hari. Tapi, penting juga untuk memperhatikan petunjuk perawatan yang biasanya tertera di bagian dalam tas, seperti dilansir Real Simple.

Cara Pilih Tas yang Cocok untuk Traveling Bersama Anak

Dengan mesin cuci

Jika ditanya apakah tas punggung bisa dicuci dengan mesin? Jawabannya iya, karena hampir sebagian besar bahan tas punggung dibuat dari nilon atau kanvas yang aman untuk dicuci dalam mesin cuci.

Trik Hindari Debu Menumpuk pada Perabot Rumah

1. Kosongkan tas, jika ada debu yang bersarang di bagian lipatan, bersihkan dulu dengan vakum tangan. Kemudian biarkan semua ritsleting terbuka.

2. Jika ada noda di bagian dalam atau luar tas, aplikasikan beberapa penghilang noda dengan sikat lembut atau sikat gigi di area bernoda, diamkan selama 30 menit.

3. Balik tas, dari bagian dalam keluar untuk menghindari tali atau ritsleting tersangkut di dalam mesin cuci atau merusak dinding bagian dalam mesin.

4. Gunakan detergen dalam jumlah kecil dan cuci tas dalam putaran lembut dengan air dingin.

5. Biarkan tas mengering di ruang terbuka, gantung terbalik dan biarkan semua ritsleting terbuka. Pastikan tas benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

Mencuci dengan tangan

Yang diperlukan antara lain penghilang noda, detergen lembut tanpa pengharum atau bahan kimia lain, sikat lembut atau sikat gigi bekas, spons, handuk.

1. Kosongkan tas, sama seperti langkah pertama di atas. Dan aplikasikan penghilang noda dengan sikat lembut atau sikat gigi bekas di area bernoda dan diamkan selama 30 menit.

2. Isi ember dengan air hangat, karena air panas bisa merusak warna bahan, tambahkan sedikit detergen. Gosok tas dengan sikat lembut. Fokuskan pada daerah yang kotor atau bernoda.

3. Buang air yang kotor kemudian isi kembali ember dengan air dingin yang bersih. Bilas tas hingga bersih, dan gunakan handuk tebal untuk membantu menghangatkan tubuh

4. Gantung dalam posisi terbalik, usahakan menjemur tas di luar ruang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya