Hal Tabu Dilakukan Saat Imlek: Pertama, Hindari Minum Obat

Sejumlah warga keturunan Tionghoa melakukan doa bersama menjelang Imlek 2569
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh mereka yang merayakannya. Di balik segala persiapannya, ternyata ada beberapa hal tabu yang dikaitkan dengan Tahun Baru Imlek.

Meriah! Tradisi Makan Sepanjang 200 Meter Sambut Imlek di Pecinan Semarang

Namun beberapa tahun terakhir beberapa hal tabu tersebut sudah dilupakan,  terutama di kalangan masyarakat perkotaan modern di kota-kota besar dan generasi muda. Berikut ini enam hal tabu yang harus dihindari pada hari pertama Tahun Baru Imlek, seperti dilansir dari China Highlights.

Hindari minum obat

Tradisi Menyambut Perayaan Imlek, dari Sembahyang Para Leluhur hingga Terima Angpao

Minum segala macam obat adalah sesuatu yang tabu, baik herbal maupun kimia pada hari pertama Tahun Baru Imlek. Jika tetap mengonsumsinya, diyakini dia akan sakit selama setahun penuh.

Minum Obat Antibiotik

Jelang Imlek, Kue Keranjang di Semarang Banjir Pesanan

Jangan menyapu atau membuang sampah

Menyapu pada hari pertama Tahun Baru Imlek dikaitkan dengan membuang kekayaan. Sedangkan membuang sampah melambangkan membuang keberuntungan atau nasib baik dari rumah.

Jangan makan bubur dan daging di pagi hari

Bubur tidak boleh dimakan di pagi hari karena dianggap sarapan kaum miskin. Di samping itu, memakan bubur juga bisa dikaitkan dengan pertanda buruk.

Daging juga tidak boleh dimakan saat sarapan. Ini untuk menghormati dewa-dewa Budha karena semua dewa bertemu dan mengharapkan kebahagiaan untuk semua makhluk di awal Tahun Baru Imlek.

Baca juga:

Legenda Hewan Buas di Balik Warna Merah Perayaan Imlek

Jangan mencuci pakaian dan rambut

Dilarang mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua Tahun Baru Imlek, karena dua hari ini dirayakan sebagai hari kelahiran Shuishen atau Dewa Air.

Ilustrasi Cuci Baju

Rambut juga tidak boleh dicuci pada hari pertama Tahun Baru Imlek karena dalam bahasa China, rambut memiliki pengucapan yang sama seperti fa dengan facai, yang berarti menjadi kaya. Oleh karena itu, tidak baik untuk membersihkan keberuntungan seseorang di awal Tahun Baru.

Dilarang menggunakan benda tajam

Penggunaan pisau dan gunting harus dihindari pada saat hari pertama Tahun Baru Imlek karena dianggap bisa mencelakai. Penggunaan benda tajam juga diyakini mengakibatkan sesuatu yang tidak menguntungkan dan mengurangi kekayaan di tahun mendatang.

Anak perempuan menikah dilarang mengunjungi orangtua

Seorang anak perempuan yang sudah menikah tidak diperbolehkan untuk mengunjungi rumah orangtuanya. Karena hal itu diyakini membawa kesialan kepada orangtua dan menyebabkan kesulitan ekonomi untuk keluarga. Secara tradisional, anak perempuan yang sudah menikah biasanya baru mengunjungi rumah orangtuanya pada hari kedua Tahun Baru Imlek.

Selain enam hal tabu dilakukan di hari pertama Tahun Baru Imlek, selama Festival Tahun Baru yang berlangsung mulai tanggal 1 hingga tanggal 15, ada beberapa hal tabu lain, yakni hindari anak menangis, merusakkan peralatan, mendatangi rumah sakit, kecurian, berutang atau meminjamkan uang, dan jangan mengosongkan tempat beras.

Selain itu, jangan pakai baju rusak, dilarang membunuh karena darah memberi pertanda buruk dan kemalangan. Di samping itu, jangan memakai baju berwarna hitam dan putih karena terkait dengan suasana berkabung serta jangan memberikan hadiah tertentu, seperti jam, gunting, dan pir karena punya makna buruk dalam budaya China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya