Pekerjaan Unik Para Pemimpin Dunia Sebelum Menjabat

Presiden Joko WIdodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Beberapa pemimpin dunia dikenal dengan jabatannya saat ini, seperti presiden dan perdana menteri. Jabatan tersebut tentunya memberi mereka kekuasaan untuk memerintah serta membuat ketentuan hukum.

Enam Tanda Anda Pegawai Bermasalah di Kantor

Tapi, pernahkah Anda membayangkan, profesi mereka sebelumnya? Tak melulu pekerjaan di birokrasi, beberapa dari pemimpin negara bahkan pernah menjadi model hingga pramugari.

Seperti dirangkum dari huffingtonpost.com, berikut ini pekerjaan pemimpin dunia sebelum berkarier di politik.

Hayo, Hal Sepele Ini yang Buat Anda Sering Menunda Pekerjaan

Borut Pahor

Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Saat Wawancara Kerja

Presiden Slovenia Borut Pahor bekerja sebagai model pria untuk membayar kuliahnya. Mantan pejabat dan Perdana Menteri komunis tersebut memenangkan kursi kepresidenan pada bulan Desember 2012, ditengah demonstrasi anti-penghematan yang meluas. Saingan politik nasionalis mengejeknya dengan julukan "Barbie Doll."

Silvio Berlusconi

Silvio Berlusconi, mantan Perdana Menteri Italia juga dikenal sebagai pebisnis ulung, taipan media serta pemilik klub sepak bola.Di masa lalu, sebelum sukses dengan semua usahanya, ia ternyata punya pekerjaan unik. Berlusconi adalah penyanyi di kapal pesiar.

Pada tahun 1950an dan 60an, dia menyanyikan dan memainkan double bass di Bar Kontiki yang legendaris di pulau Italia Elba, dan tampil sebagai penghibur kapal pesiar di Mediterania.

Berlusconi yang mengundurkan diri dari jabatan ketiganya sebagai perdana menteri Italia pada 2011, nampaknya tidak pernah melewatkan kesempatan untuk kembali ke panggung. Dia baru saja menulis dan merekam lagu Mariano Apicella.

Johanna Sigurdardottir

Perempuan bernama Johanna Sigurdardottir telah menembus banyak batas, sebelum akhirnya terpilih sebagai Perdana Menteri Islandia pada tahun 2009. Dia adalah anggota parlemen terlama di negara itu dan perdana menteri pendukung gay pertama di dunia.

Namun siapa sangka karier politiknya dimulai di perusahaan penerbangan nasional, Icelandair, tempat dia bekerja sebagai pramugari selama lebih dari 30 tahun. Dia menjadi penggagas serikat pekerja di perusahaan penerbangan tersebut. Ia memulai dari gerakan serikat pekerja hingga akhirnya berkiprah di politik nasional.

Joko Widodo

Pria asal Surakarta yang kini dikenal sebagai orang nomor satu di Indonesia. Sebelum menjadi presiden, ia juga pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, dan juga Wali Kota Solo.

Tapi dibalik semua karier politiknya, Jokowi juga dikenal sebagai seorang pebisnis meubel dan furnitur. Beberapa kali ia juga kerap mengikuti pameran furnitur untuk menjual produknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya