6 Alasan Ilmiah Kenapa Senin Hari Terburuk dalam Sepekan

Salah satunya, sambut pagi hari dengan senyuman.
Sumber :
  • Pixabay/FirmBee

VIVA – Memulai awal pekan, bagi banyak orang ialah hal yang berat. Setelah menghabiskan waktu untuk berlibur di akhir pekan, tentu akan sulit bagi sebagian orang untuk memulai rutinitasnya kembali. 

Buya Yahya Ungkap Ada Hal Istimewa di Hari Senin

Sebab itulah banyak orang yang tidak ingin akhir pekannya berakhir. Tidak sedikit juga orang yang kemudian membenci hari Senin. 

Dilansir Mental Floss, Senin 19 Februari 2018, para peneliti mengungkapkan ada enam alasan ilmiah mengapa hari Senin adalah hari terburuk dalam sepekan.  

Tiga Zodiak Ini Bakal Merasa Bahagia di Senin 9 September 2019

1. Pola tidur

Karena kebanyakan orang tidak cukup tidur selama seminggu, mereka sering mencoba menebusnya pada akhir pekan. Menurut para ilmuwan, bahwa tidur ekstra hanya membuat Anda lebih lelah pada awal pekan ini, karena bisa mengacaukan jam tubuh Anda hingga 45 menit. Hal ini membuat lebih sulit untuk bangun pada hari Senin pagi, meskipun beranggapan telah cukup istirahat pada akhir pekan.

Ini Alasan Banyak Orang Benci Hari Senin

2. Sosialisasi

Salah satu alasan yang membuat Senin terasa berat ialah untuk memulai kembali sosialisasi. Sebagai makhluk sosial, untuk merasa bahagia manusia perlu merasa nyaman dengan tempatnya berada di sebuah lingkungan. Menurut para ilmuwan, kita perlu memastikan posisi kita tetap aman di lingkungan kerja. Karenanya bersosialisasi menjadi hal penting mengawali hari. 

3. Perubahan mendadak

Jika ditanya hari terburuk dalam sepakan, jawaban mayoritas adalah hari Senin. Ini berawal pada kenyataan bahwa ada pergeseran emosional yang lebih besar dari hari Minggu (hari libur) sampai hari Senin (hari kerja). 

4. Merasa lebih buruk tentang diri sendiri

Sebagai awal pekan, kebanyakan orang ingin memulai sesuatu yang lebih baik pada hari Senin. Banyak orang lebih cenderung mempertimbangkan memulai diet pada hari pertama dalam seminggu, dan juga berhenti merokok. Di sisi lain hal ini menjadi buruk, karena merasa diri masih belum cukup baik. 

5. Kurang sehat

Ilmuwan telah menemukan bahwa bobot orang akan lebih berat pada awal minggu ini. Senin juga merupakan hari yang paling umum bagi orang untuk menderita serangan jantung dan stroke. Banyak orang yang berakhir di rumah sakit pada hari Senin, atau mengalami tekanan darah tinggi. 

6. Membenci pekerjaan

Menurut jajak pendapat Gallup 70 persen orang membenci atau, ingin benar-benar terlepas dari pekerjaan mereka. Ini berkontribusi pada apa yang psikiater sebut sebagai "monday blues." Perasaan depresi dan kegelisahan bisa dimulai pada hari Minggu malam, yang menyebabkan Senin yang tidak produktif. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya