10 Wanita Terkaya di Dunia, Nomor 5 Usianya Baru 36 Tahun

Alice Walton
Sumber :
  • Reuters/Rick Wilking

VIVA – Memperingati Hari Perempuan Internasional 2018, banyak perempuan-perempuan di dunia yang memiliki prestasi membanggakan. Tak hanya sebagai ibu rumah tangga, mereka juga sukses dalam kariernya.

Buya Yahya Soal Jilbab Punuk Unta Kadinkes Lampung, 4 Posisi Seks Mudah Dilakukan

Bahkan kekayaan mereka mengalahkan kaum Adam. Majalah Forbes baru-baru ini juga membuat daftar wanita-wanita paling kaya di dunia.

Dan 10 wanita terkaya tersebut merupakan miliarder asal Amerika Serikat, Eropa, Australia dan China. Alice Walton, putri semata wayang pendiri Walmart Sam Walton mengambil alih posisi jawara mendiang Liliane Bettencourt yang merupakan pemilik saham terbesar L'Oreal.

5 Wanita Terkaya di Dunia Tahun 2023, No 3 Tetap Pilih Hidup Sederhana

Alice naik satu peringkat ke posisi 16. Hal itu karena meningkatnya saham perusahaan salah satu ritel terbesar pesaing Amazon tersebut sepanjang tahun lalu. Dikutip dari Forbes, berikut ini 10 wanita paling tajir sejagat tahun 2018.

1. Alice Walton

Profil Dewi Kam, Wanita Paling Tajir di Indonesia dengan Kekayaan Rp72 T

Alice menjadi wanita terkaya di dunia setelah berhasil meningkatkan kekayaan selama setahun dari US$33,8 miliar pada tahun lalu menjadi US$46 miliar atau setara Rp633 triliun. Naiknya kekayaan bersih wanita berusia 68 tahun itu berkat melonjaknya saham perusahaan sebesar 43 persen.

Alice Walton

2. Francoise Bettencourt Meyers

Ahli waris L'Oreal ini berada di posisi kedua dengan kekayaan bersih sebesar USS42,2 miliar atau Rp581 triliun. Kekayaan bersih wanita 64 tahun ini berasal dari kepemilikan saham sebesar 33 persen di perusahaan raksasa kosmetik tersebut.

3. Susanne Klatten

Pewaris raksasa otomotif BMW berusia 55 tahun, Susanne Klatten memiliki kekayaan sebesar US$25 miliar atau Rp344 triliun. Kekayaannya berasal dari kepemilikan sahamnya di BMW.  

4. Jacqueline Mars

Wanita 78 tahun ini memiliki kekayaan sebesar US$23,6 miliar atau setara Rp325 triliun dari kepemilikan saham di perusahaan cokelat Mars Inc dari ayahnya. Salah satu produk permen cokelat yang terkenal adalah M&M.

5. Yang Huiyan

Wanita asal China berusia 36 tahun ini menjadi wanita terkaya yang bergerak di bidang real estate. Kekayaan wanita ini tercatat sebesar US$21,9 miliar atau setara Rp301,5 triliun.

6. Laurene Powell Jobs

Istri mendiang Steve Jobs berusia 54 tahun ini memiliki kekayaan mencapai USS18,8 miliar atau sekitar Rp259 triliun. Kekayaannya berasal dari warisan pendiri Apple.

Laurene Powell, Mantan Istri pendiri Apple Steve Jobs

7. Gina Rinehart

Gina membukukan kekayaan sebesar US$17,4 miliar atau sekitara Rp240 triliun. Wanita asal Australia berusia 64 tahun ini mendapatkan kekayaan dari bisnis tambang bijih besi.

Gina Rinehart, kepala Hancock Prospecting

8. Iris Fontbona

Wanita asal Chili ini memiliki kekayaan sebesar US$16,3 miliar Rp244,5 triliun. Wanita 76 tahun ini mendapatkan kekayaannya dari kepemilikan di Antofagasta yang merupakan salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia yang didirikan mendiang suaminya.

9. Abigail Johnson

Kekayaan Abigail sebesar US$15,9 miliar atau sekitar Rp219 triliun. Wanita berusia 56 tahun ini mewarisi saham ayahnya, Edward Johnson III, pemilik Fidelity Investmen. Abigail sendiri merupakan presiden direktur di perusahaan investasi tersebut.

10. Charlene de Carvalho-Heineken

Wanita asal Belanda berusia 63 tahun ini mengantongi kekayaan sebesar US$15,8 miliar atau Rp217,6 triliun. Dia mendapatkan kekayaan itu dari bisnis minuman alkohol Heineken. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya