Tips Pilih Jurusan dan Karier Berdasarkan Tipe Kepribadian

Ilustrasi raih gelar sarjana
Sumber :
  • Pixabay/ Violey

VIVA – Ada empat tipe kepribadian yang kamu tentu pernah mendengarnya, yaitu sanguinis, melankolis, koleris, dan plegmatis.

5 Ciri-ciri Anda Terkena Gangguan Kepribadian Narsistik, Haus Akan Pujian

Nah, ternyata tipe kepribadian bisa juga dijadikan patokan untuk mencari jenis karier terbaik untuk kalian lho. Penasaran? Yuk simak artikel berdasarkan saran dari laman Quipper.

1. Sanguinis
Tipe sanguinis terdiri dari orang-orang yang pandai bergaul. Mereka percaya diri, senang berbicara, serta bisa menjadi sosok teman yang menyenangkan. Hal ini membuat mereka cocok dengan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain.

Terungkap Kelakuan Ayu Dewi di Rumah, Ternyata Aslinya Begini

Ilustrasi artis berbisnis

Orang sanguinis biasanya juga jago dalam meyakinkan orang dan punya percaya diri yang tinggi. Makanya, profesi sebagai Public Relations (PR), marketing atau sales, dan entertainer cocok banget buat orang-orang sanguinis.

Gambar Pertama yang Dilihat, Bisa Ungkap Pekerjaan Impian Kamu

2. Melankolis
Seorang melankolis merupakan kebalikan dari sanguinis. Ia tidak terlalu banyak bersosialisasi atau cenderung introver.

Ilustrasi penulis.

Meski demikian, ia merupakan seorang pengamat yang baik. Karenanya, orang melankolis lebih cocok dengan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan analisis dan pekerjaan yang bisa dilakukan sendiri seperti penulis, analis, dan akuntan.

3. Koleris
Orang dengan tipe kepribadian koleris biasanya dominan. Sifat dasarnya adalah mengatur. Umumnya orang-orang koleris adalah pekerja keras dan selalu menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan.

Ilustrasi motivator.

Pekerjaan atau posisi mereka dalam pekerjaan pun biasanya menantang, memiliki andil besar, dan butuh jiwa kepemimpinan yang tinggi. Karena itu, profesi sebagai pengusaha, pemimpin perusahaan, dan motivator.

4. Plegmatis
Orang dengan tipe yang terakhir ini bisa dibilang merupakan pribadi yang tenang dan penyabar. Orang plegmatis juga merupakan pendengar yang baik.

Ilustrasi guru mengajar.

Tak jarang, orang dengan tipe plegmatis juga dijadikan sebagai penasihat dan memiliki saran-saran yang bisa diandalkan oleh orang lain. Makanya, tak heran kalau orang plegmatis biasanya berprofesi sebagai layanan pelanggan, guru, dan konselor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya