Terkuak Misteri Fungsi Kantong Ekstra Mungil di Celana Jeans

Kancing kecil di celana jeans Levi's
Sumber :
  • instagram.com/levis

VIVA – Bagi pencinta celana jeans pasti tahu ada kantong mungil yang terselip di bagian depan. Biasanya, letaknya di bagian kanan atas celana jeans.

Viral Penumpang Wanita Diduga Dilecehkan Sopir Taksi Online Gegara Pakai Celana Jeans

Ukurannya yang ekstra kecil membuatnya tampak tidak berguna. Mungkin kamu berpikir bahwa kantong itu untuk uang logam atau kunci, tapi salah. Kantong tersebut dahulunya memiliki fungsi yang sangat penting, yakni sebagai kantong untuk meletakkan jam saku.

Dikutip dari Business Insider, kantong ekstra kecil itu sudah ada pada desain waist overalls -nama asli untuk jeans biru- yang dibuat oleh Levi Strauss & Co. Kantong ekstra kecil tersebut muncul dalam desain kolaborasi Levi Strauss dan J.W Davis pada 20 Mei 1873. Dan jeans dengan kantong ekstra kecil digunakan secara massal pada tahun 1890, dengan merek pertama Lot 501, yang menjadi model celana jeans Levis 501 saat ini.  

Nakes Ancam Mogok Kerja hingga Anjuran Mencuci Celana Jeans

"Kantong jam itu adalah fitur dari waist overalls pertama kami. Sepasang waist overalls tertua dalam arsip Levi Strauss & Co (dari tahun 1879) dengan kantong jam saku," kata Tracey Panek, sejarawan di Levi Strauss & Co.

Seberapa Sering Jeans Seharusnya Dicuci? Ini Penjelasan Ahli

Namun kantong itu kini sudah tidak berfungsi seperti dahulu. Sebab, sudah tak ada lagi orang yang membawa jam saku karena orang kini terbiasa melihat jam di ponsel atau jam tangan mereka. Kendati demikian, Panek menjelaskan bahwa kantong ekstra mungil tetap dipertahankan hingga sekarang untuk menjaga integritas desain aslinya.

"Kantong jam saku adalah elemen asli dari celana jeans biru kami, seperti rivets atau paku keling di saku, button fly atau kancing besi, jahitan ikonik di belakang kantong jeans dan label kulit. Untuk menjaga integritas desain awal, Levi Strauss & Co mempertahankan kantong jam saku," tutur Panek.

Celana jeans lain juga memiliki kantong ekstra kecil sebagai penghormatan pada kantong jam saku dengan model kasual. Berbagai merek celana jeans pun meletakkan kantong ekstra mungil di tempat yang berbeda. Beberapa memasangnya di depan atau di samping.

Tapi untuk jeans Levi, mereka tetap sama letak dan ukurannya tidak berubah sejak abad ke-19. Kecuali saat Perang Dunia II.

"Salah satu fakta menarik tentang kantong jam saku bahwa selama Perang Dunia II, dua paku keling dilepas demi melestarikan logam untuk perang. Paku keling kembali digunakan setelah perang," kata dia.

Hari ini, tidak banyak yang dapat Anda lakukan dengan kantong mungil itu. Beberapa orang menyarankan menggunakannya untuk menyimpan koin, tiket atau kunci, namun tentunya akan kesulitan bagi pemilik jari besar. Lebih baik, memang mengabaikan fungsinya dan mengenang kantong itu sebagai bagian dari sejarah. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya