Logo BBC

Darurat Sampah di Laut Indonesia

Pantai Kuta dipenuhi sampah yang dibawa oleh arus, Desember 2017.
Pantai Kuta dipenuhi sampah yang dibawa oleh arus, Desember 2017.
Sumber :
  • bbc

VIVA- Setelah wisatawan Inggris mengambil video menyelam di perairan Nusa Penida, Bali yang penuh sampah, Kementerian Pariwisata membalas dengan video bersihnya laut. Kenapa tak ada tindakan untuk mengatasi masalah sampah? Seberapa gawatkah masalah sampah di laut Indonesia? Tulisan ini akan menjelaskannya.

Beberapa waktu terakhir ini warganet kembali diingatkan pada masalah sampah plastik melalui video wisatawan Inggris yang menyelam di antara lautan sampah di Nusa Penida, Bali. Aneka sampah plastik mengapung di sekitar penyelam.

Ditambah lagi, tumpukan sampah yang terhampar di sepanjang pantai di Bali beberapa bulan terakhir membuat persoalan plastik yang selama ini terpinggirkan, kembali menyita perhatian publik.

Kementerian Pariwisata membantah video tersebut melalui akun Twitter resminya.

"Siapa bilang laut Nusa Penida banyak sampah? Dikepung sampah plastik seperti yang diviralkan diver Inggris Rich Horner? Lautnya ternyata clear. Biota lautnya juga hidup sangat sehat,” kata akun @Kemenpar_RI pada 10 Maret 2018.

Kementerian tersebut berusaha memberikan bukti dengan video laut yang bersih dan diberi tagar #IniLhoAslinyaNusaPenida #WonderfulNusaPenida.