Bernostalgia Lewat Buku Generasi 90an yang Lebih 'Fresh'

Marchella FP
Sumber :
  • VIVA/Bimo Aria

VIVA – Bagi generasi yang tumbuh besar di era 90an, tentu tidak asing dengan meme yang berisi gambar gundu dengan tulisan, "buat lo yang tahu ini, masa kecil lo bahagia." 

Hermawan Kartajaya Rilis buku Baru Berjudul Entrepreneurial Marketing di Swiss

Momen dan memori seperti itulah yang ingin dibawa oleh Marchella FP melalui buku Generasi 90an (POP, 2013) dan Generasi 90an Anak Kemaren Sore (POP, 2015). 

Menariknya, kini kedua buku tersebut dihadirkan kembali dengan desain dan penambahan konten. Selain perubahan sampul yang kini menggunakan hard cover, perubahan signifikan lainnya ialah logo dari buku Generasi 90an ini. 

Bikin Kangen, Ini 5 Jajanan Legendaris Era 90-an

"Sekarang logonya bisa dilihat kita ada pesawatnya. Pesawat ini mengambil konsep mesin waktu dengan pesawat kertas sebagai pengantar pesan antar-era," ungkap Marchella saat peluncuran kembali, di Jakarta Aquariun, Neo Soho, Jakarta Barat, Rabu, 21 Maret 2018. 

Noktah Merah Perkawinan Dibuat Jadi Film, Warganet Angkatan 90an Heboh

Marchella mengaku bahwa dalam buku pertamannya masih banyak hal yang belum dibahas, seperti artis-artis ternama. Misalnya, P-Project dan Nike Ardilla, juga telenovela yang sempat merajai televisi Indonesia. 

"Buku pertama aku dirasa "terlalu Jakarta", makanya di buku kedua aku banyak membahas permainan-permainan tradisional yang dimainkan di banyak daerah di lndonesia.”

Berbeda dari buku pertama, Generasi 90an: Anak Kemaren Sore juga menghadirkan tiga tokoh anak kecil era 90an, yang didatangkan Iewat "mesin waktu", yaitu Acel, Lala, dan Popi.

Ketiganya memiliki latar belakang dan minat yang berbeda. Setiap tokoh, jelas Marchella, akan mengajak pembaca untuk bernostalgia dengan tema berbeda sesuai minat masing-masing. 

"Di kedua buku ini intinya saya ingin membawa semangat kebahagiaan zaman 90an, supaya juga dirasakan oleh generasi lainnya," ujar dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya