Hari Air Sedunia, Ini 10 Fakta Menakjubkan tentang Air

Ilustrasi air minum.
Sumber :
  • Pixabay/Bernd

VIVA – Hari ini, Kamis, 22 Maret merupakan World Day for Water atau Hari Air Sedunia, yang dibuat untuk menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Pentingnya Akses Air Bersih dalam Menyempurnakan Ibadah

Menurut berbagai sumber, inisiatif peringatan ini diumumkan pada Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Nah, di Hari Air Sedunia ini, VIVA akan berbagi fakta-fakta menarik tentang air, dilansir dari laman Buzz Feed, Kamis, 22 Maret 2018. Berikut ini 15 di antaranya.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

1. Ada sekitar 1,5 miliar kilometer kubik air di bumi atau sekitar 1,5 miliar triliun liter atau setara dengan 800 triliun kolam renang Olimpiade.

2. Jika semua air itu tersebar secara merata di atas permukaan bumi, maka akan memiliki kedalaman 3.700 meter.

Dana Habis untuk Nyaleg, Caleg PKS di Cilegon Putuskan Bantuan Saluran Air Bersih untuk Warga

3. 97 persen air di bumi asin. 2,1 persen menjadi es di kutub dan kurang dari 1 persennya adalah air tawar.

4. Air sebenarnya lengket. Molekul-molekulnya suka menempel pada benda-benda dan menempel satu sama lain. Namun, sifat lengkatnya inilah yang memberi tegangan permukaan yang begitu besar. Sifat lengket air juga yang membuat Anda bertahan hidup, karena air dapat menarik darah ke pembuluh sempit di tubuh, bahkan bisa menariknya melawan gaya gravitasi bumi.

7. Awan uap air terbesar ditemukan oleh para ilmuwan NASA di sekitar lubang hitam 12 miliar tahun cahaya dari bumi. Ada 140 triliun kali lebih banyak air di dalamnya dari semua air yang ada di lautan di dunia.

Air laut hangat.

8. Seluruh air di bumi datang dengan dibawa komet dan asteroid. Itu terjadi antara 4,5 miliar dan 3,8 miliar tahun yang lalu, dalam sebuah periode yang disebut Late Heavy Bombardment.

9. Antartika telah tertutup es selama lebih dari 30 juta tahun. Saat ini Antartika tertutup oleh 10 ribu triliun ton salju dan es.

10. 60-70 persen dari tubuh manusia terdiri dari air. Ini berubah pada waktu yang berbeda dalam hidup Anda. Janin manusia terdiri dari sekitar 95 persen air di bulan pertama kehamilan, dan terdiri dari 77 persen air saat lahir. Orang yang berat badannya 70 kilogram memiliki 42 liter air dalam tubuhnya.

11. Dua pertiga dari air itu ada di dalam sel-sel dalam tubuh Anda.

Minum air putih.

12. Setiap orang minum sekitar 1 meter kubik (1.000 liter) air per tahun.

13. Air panas membeku lebih cepat daripada air dingin. Ini dikenal sebagai Efek Mpemba, dan tidak ada yang tahu mengapa itu terjadi.

14. Rata-rata orang mandi menghabiskan 200 liter air dalam waktu lima menit.

15. Orang rata-rata menggunakan 8 liter air untuk menyiram toilet. Jumlah itu hampir sama dengan air yang Anda gunakan untuk menyikat gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya