Inikah Boneka Terkutuk yang Menginspirasi Film Child's Play

Boneka Chucky
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA – Robert the Doll dijuluki sebagai boneka paling menyeramkan di dunia. Dia juga diyakini menjadi inspirasi boneka Chucky dalam film horor Hollywood yang sempat populer.

Child’s Play: Teror Boneka Chucky yang Lebih Segar

Boneka itu adalah hadiah yang diberikan untuk Robert Eugene Otto pada tahun 1904 dari seorang pembantu asal Bahama yang pernah bekerja di keluarga Otto. Diyakini boneka yang memiliki nama sama dengan pemiliknya tersebut sudah diberi sihir hitam dan voodoo.

Dikutip dari The Sun, Robert adalah boneka kayu dengan tinggi sekitar 101,6 centimeter dan berseragam pelaut warna putih. Boneka ini adalah buatan tangan dari sebuah perusahaan di Jerman, Steiff Company.

Kisah Boneka Berhantu, Robert The Doll

Robert diyakini dibuat untuk tampilan sebuah pertunjukan, bukan sebagai mainan. Legenda menyebutkan Otto menyalahkan bonekanya atas semua kerusakan terhadap mainannya lainnya dan suara-suara ketukan di malam hari.

Orangtuanya juga sering mendengar Otto berbicara dengan boneka tersebut. Awalnya, mereka menganggap Otto hanya berbicara sendiri dengan suara yang sengaja diubah seperti kebanyakan anak-anak yang suka berbicara dengan boneka. Tapi pada akhirnya, mereka yakin bahwa Robert sebenarnya bisa bicara.

Cuplikan Pertama Film Boneka Pembunuh Chucky

Robert the Doll

Bahkan, beberapa tetangga mengaku telah melihat Robert bergerak dari jendela ke jendela ketika keluarga Otto sedang tak ada di rumah. Sementara tetangga lainnya melaporkan melihat ekspresi wajah boneka itu berubah.

Ketika Otto tumbuh dewasa dan menjual rumah keluarganya, dia meninggalkan Robert di loteng rumah. Pemilik baru rumah tersebut mengaku telah mendengar Robert bergerak di dalam rumah pada malam hari. Beberapa anggota lain melaporkan mendengar dia tertawa.

Setelah kejadian-kejadian aneh, Robert akhirnya disumbangkan ke Museum East Martello di Key West, Florida pada tahun 1994. Namun kontroversi di sekitarnya belum berakhir. Kamera dan perangkat elektronik rusak ketika berada di dekatnya.

Banyak juga yang mengaku mengalami nasib sial setelah melihatnya di museum, seperti mengalami kecelakaan mobil, kehilangan pekerjaan hingga perceraian. Seorang staf museum mengatakan bahwa Robert mendapat satu sampai tiga surat setiap hari dari pengunjung yang meminta maaf karena melakukan hal yang tak baik di sekitarnya dan meminta untuk mencabut kutukan.

Soal hubungan kedekatan antara Otto dengan Robert, kurator museum Cori Convertito mengatakan bahwa ada hubungan yang tidak sehat. “Otto membawanya ke mana-mana, Otto berbicara dengan Robert seolah-olah dia bukan boneka, tapi dia Robert. Seperti sebuah entitas hidup,” katanya.

Robert diduga telah menjadi inspirasi untuk boneka Chucky, boneka pembunuh yang terkenal dalam film horor Child's Play. Dalam film itu, hantu pembunuh berantai mendiami boneka. Dia selalu menyakiti orang di sekitarnya dan mencoba untuk mentransfer jiwanya dari boneka ke tubuh manusia.

Pada tahun 2015, dibuat film horor yang dengan judul Robert. Film ini menceritakan sejarah menakutkan boneka kuno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya