Asal Usul Banyak Orang Takut Angka 13

Angka 13
Sumber :
  • Pixabay/Manfred Antranias Zimmer

VIVA – Sebagian orang memiliki ketakutan pada sesuatu atau binatang, seperti laba-laba, ketinggian hingga badut. Di antara sesuatu, benda atau binatang, ada juga takut pada angka 13.

'Friday The 13th', Keramat atau Takhayul?

Sebelum ada film horor soal itu, ada beberapa bangunan yang tidak memiliki lantai 13 dan banyak pasangan yang menghindari menikah pada tanggal 13. Ketakutan pada angka 13 secara teknis dinamakan triskaidekaphobia.

Lalu, apa yang membuat nomor ini menakutkan? Dikutip dari Reader's Digest, tidak ada alasan tunggal di balik ketakutan tersebut. Sejumlah ahli sejarah mengatakan bahwa alasan seseorang takut dengan angka 13 lantaran dikaitkan dengan angka sial.  

Bukan Cuma 13, Angka-Angka Ini Dianggap Bawa Sial dan Petaka

Teori yang paling populer tentang asal usul ketakutan pada angka 13 berasal Perjamuan Akhir di Alkitab.  Ada 13 tamu pada Perjamuan Terakhir dan tamu itu adalah Yudas, yang mengkhianati Yesus.

Sementara dalam mitologi Nordik, meja ke-13 terbukti tidak beruntung. Menurut salah satu mitos, 12 dewa utama sedang makan bersama secara damai sampai kedatangan dewa pembuat kekacauan. Ketika dia tiba, kekacauan dan pembantaian terjadi. Bahkan, angka 13 yang membawa nasib buruk juga ada di film fiksi Harry Potter.

Negara-negara yang Punya Cerita Mistis

Sebenarnya tidak ada hal yang aneh dengan angka 13. Menurut sejumlah ilmuwan dan ahli matematika, kehadiran angka 13 setelah 12 yang membuatnya terlihat buruk. Dalam beberapa budaya kuno, angka 12 dianggap sebagai angka sempurna.

Baca juga:

Inikah Boneka Terkutuk yang Menginspirasi Film Child's Play

5 Alat Penyiksa Tahanan Paling Brutal di Masa Lampau

Peradaban Sumeria kuno membuat sistem perhitungan waktu berdasarkan angka 12. Misalnya, waktu hingga angka 12 pada jam, 12 bulan dalam setahun dan 12 zodiak. Duabelas juga merupakan jumlah terbesar yang memiliki satu suku kata dalam bahasa Inggris. Karena 12 tampak sempurna, menyebabkan 13 tampak cacat dan memberikan kegelisahan pada masa lalu.   

Faktor mitos dan matematika ini membuat 13 dianggap sebagai angka buruk. Akibatnya, ketakutan terhadap nomor 13 berasal dari zaman kuno ini membuatnya menjadi ketakutan hingga kini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya