Nova Galaxia, Wanita Berjanggut yang Percaya Diri

Nova Galaxia
Sumber :
  • Instagram Guardian

VIVA – Janggut merupakan rambut yang biasanya tumbuh pada wajah laki-laki. Namun, bagaimana jadinya, jika janggut justru tumbuh di wajah seorang wanita? Hal ini, dialami gadis berumur 26 tahun, Nova Galaxia. Sejak duduk di bangku sekolah, wajahnya sudah dipenuhi janggut.

Uighur China: Ditahan Gara-gara Janggut, Jilbab dan Internet

Sejak wajahnya ditumbuhi janggut, dia merasa kurang percaya diri untuk tampil apa adanya di hadapan orang-orang di sekitarnya.

Seperti dilansir laman Metro,  Nova Galaxia menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang menyebabkan pertumbuhan rambut di wajah berlebih. Selama bertahun-tahun Nova selalu mencukur bulu di wajahnya. Namun ketika ia menemukan cinta sejatinya seorang model bernama Ash, sejak saat itulah ia menemukan kepercayaan diri untuk menumbuhkan janggutnya.

9 Tahun Tumbuhkan Janggut Hingga Pinggang, Ia Mencukurnya demi Amal

"Seorang anak laki-laki di kelas saya di sekolah menengah menunjuk wajah saya dan mengatakan saya memiliki jenggot yang lebih baik daripada yang dia miliki," ucap Nova.

Awas, Pelihara Janggut Bisa Picu Infeksi Berbahaya

Nova menceritakan ketika dia masih duduk di bangku sekolah, dia selalu mencukur wajahnya sebelum sekolah, dan merupakan hal yang mengerikan ketika ia lupa membawa pisau cukur ketika menginap di rumah temannya.

"Aku akan bangun lebih awal dan bercukur, berpura-pura aku sangat ingin mandi, tapi sebenarnya aku tidak tahan membiarkan diriku terlihat dengan janggut," ucapnya.

Setiap hari dia selalu khawatir orang-orang akan mengetahui rahasia terbesarnya tersebut, hingga dia lebih memilih memiliki kisah percintaan jarak jauh. Namun semuanya berubah ketika Nova bertemu dengan seorang model tampan, dan memutuskan berkencan pada tahun 2012. "Aku suka janggutnya,"ucap Ash.

Sejak saat itulah, Nova secara bertahap menjadi lebih percaya diri dengan kondisinya, dan memutuskan tidak memotong janggutnya kembali.

Meski begitu, Nova masih sering menemukan orang yang mengusiknya dengan bertanya apa jenis kelamin yang ia miliki sebenarnya. Namun dia tidak ingin mengambil pusing komentar negatif yang ia terima.

"Banyak orang menuduh saya hanya pura-pura menjadi wanita, mereka mengatakan saya transgender. Tapi saya tidak peduli, " ucap Nova.

"Kini saya sudah merasa lebih bahagia dengan janggut saya. Kini saya bersama dengan orang yang saya cintai, yang mendukung keputusan saya dan mencintai saya beserta janggut saya," ucap Nova menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya