Menguak Kisah Boogeyman, Sosok Menakutkan Pemakan Anak Kecil

Ilustrasi hantu.
Sumber :
  • Pixabay/ NightMareDrug

VIVA – Kisah legenda urban, kebanyakan berkaitan dengan cerita misteri atau bahkan kisah moral. Namun yang patut diingat, tidak semua legenda urban merupakan mitos atau kisah bohong.  

7 Mythical Creatures with Their Mystery Things

Seperti kisah legenda urban dari Negeri Paman Sam, Boogeyman. Di negara tersebut, Boogeyman dikenal anak-anak sebagai makhluk tinggi besar yang akan memakan mereka, jika mereka nakal, tidak mau menghabiskan makanan, atau pergi tidur di jam tertentu. Karena begitu menakutkan gambaran figur Boogeyman ini, anak-anak yang ketakutan itu, saat mereka dewasa akhirnya menceritakan kisah yang sama pada anaknya.

Bahkan, sering dijadikan dongeng malam, agar si kecil tidak nakal seperti yang mereka lakukan dahulu. Maka wajar jika kemudian, kisah Boogeyman menjadi lestari dari generasi ke generasi.Tak hanya itu, karena sudah kadung tersebar dari mulut ke mulut, kisahnya sering dibesar-besarkan atau mendapat kisah tambahan dari orang yang menceritakan, agar terasa lebih sensasional.

Ada di Seluruh Dunia, Hantu Boogeyman Penculik Anak Nakal

Dilansir berbagai sumber, mengenai Boogeyman, banyak pula kisah yang menceritakan, makhluk ini sering bersembunyi di lemari, atau di bawah tempat tidur.

boogeyman

Bikin Merinding, Pentas Musik Ini Ditonton Ribuan Jin

Boogeyman atau Bogieman, kata itu berasal dari bahasa Inggris "bogge" yang berarti hobgoblin. Asal mula lainnya dapat ditelusuri kembali dari kata "bugbear" yang pernah digunakan untuk menggambarkan goblin atau orang-orangan sawah yang memburu dan memakan anak-anak kecil.

Hampir setiap budaya tampaknya memiliki versi mereka sendiri dengan banyak variasi ejaan tetapi satu hal yang mengikat adalah penggunaan cerita di belakangnya sebagai alat untuk menakut-nakuti anak-anak.

Salah satu hal yang paling menarik tentang gagasan yang tersebar luas tentang Boogeyman adalah bahwa tidak ada seorang pun yang dengan tegas menyatakan apa yang seharusnya terlihat. Cerita yang tersebar dari budaya ke budaya bukanlah penampilan fisik makhluk itu, tetapi apa yang bisa dilakukan.

Di Amerika, mahkluk ini dipercaya sering hadir di tengah kegelapan, bersembunyi di lemari dan di bawah tempat tidur. Di tempat lain seperti Eropa, Karibia, dan bagian dari India dan Asia, makhluk itu diyakini tidak hanya mengintai dan menakut-nakuti anak-anak, tapi juga menculik mereka dan membawanya dalam karung untuk dimakan bersama.

Sementara di tahun 1800-an, istilah "Boogeyman" sering dikaitkan dengan orang yang sebenarnya bernama Albert Fishwho lahir pada 1870 di Washington D.C. dan tumbuh menjadi salah satu pembunuh paling mengerikan hingga saat ini.

Dari awal usia 20 tahun, ia mendapatkan reputasi buruk karena menculik anak lelaki dan melakukan hal-hal buruk kepada mereka termasuk memakannya. Ketika ditanya tentang kebiasaan buruknya, dia pernah menjawab dengan, "Saya tidak pernah makan daging kalkun panggang yang rasanya setengah enak."

Pada 16 Januari 1936, Fish dieksekusi karena kejahatannya yang mengakhiri manifestasi fisik Boogeyman, tetapi mitos dan legenda itu tetap kuat hingga hari ini. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya