Menyingkap Arti 'Mayday' yang Dipakai saat Situasi Bahaya

Ilustrasi pesawat terbang.
Sumber :
  • REUTERS/Greg Baker/Pool

VIVA – Tiap penerbangan memiliki sejumlah kode tersendiri yang mereka gunakan antara pilot, awak pesawat dan kontrol lalu lintas udara. Ini agar lebih mudah memahami apa yang sedang terjadi meskipun ada perbedaan bahasa.

May Day, Buruh Tuntut Cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja

Kurangnya pemahaman karena kebingungan atas bahasa adalah salah satu faktor yang berkontribusi dari bencana Bandara Tenerife, salah satu kecelakaan pesawat paling mematikan dalam sejarah setelah dua pesawat bertabrakan di landasan yang menewaskan 583 orang.

Namun ada satu kata tertentu yang mungkin sering didengar, yakni mayday. Kata tersebut tidak pernah menjadi pertanda baik dan sering diulang sebanyak tiga kali yang menunjukkan situasi darurat atau mengancam jiwa.

Peringati Mayday, Buruh di Sumsel Santuni Kawan yang Terkena PHK

Tapi apakah mayday?

Dikutip dari Science ABC, mayday adalah kata khusus yang digunakan sebagai sinyal bahaya dalam komunikasi radio oleh pelaut dan penerbang di seluruh dunia. Jika kapal atau pesawat menghadapi bahaya yang bisa mengancam jiwa awak dan penumpang, operator radio akan menyiarkan sinyal mayday untuk meminta bantuan.  

Hari Buruh di Tengah Pendemi Corona, Ekonomi Meregang Nyawa

Ilustrasi pesawat dalam kondisi darurat

Soal cerita di balik kata mayday, sebenarnya tak ada hubungannya dengan hari tertentu di bulan Mei atau May dalam bahasa Inggris. Mayday berasal dari frase Prancis, m'aidez atau m'aider, yang berarti tolong saya.

Kata ini merupakan gagasan dari seorang petugas radio senior di Bandara Croydon di London bernama Frederick Stanley Mockford pada tahun 1923. Kata itu digunakan sebagai sinyal marabahaya yang dapat dengan mudah dipahami oleh semua pilot dan staf pendukung di bandara.

Baca juga:

Penumpang Ekonomi Ngotot Duduk di Kelas Premium

Karena banyak lalu lintas udara pada saat itu antara Bandara Croydon dan Le Bourget di Paris, dia mengusulkan kata m'aider, yang sebenarnya adalah versi singkat dari venez m'aider. Istilah ini diterima dan diadopsi sebagai panggilan suara standar sebagai pengganti SOS (sinyal kode morse internasional yang sebelumnya digunakan) oleh International Radiotelegraph Convention of Washington pada tahun 1927.

Hari ini, istilah mayday telah identik dengan bahaya yang akan segera terjadi atau situasi yang mengancam jiwa. Namun kata itu harus diucapkan keras dan jelas sebanyak tiga kali berturut-turut, diikuti tanda panggilan dan jenis kapal atau pesawat, detail lokasi, jenis kondisi darurat dan parahnya, jumlah awak dan penumpang serta informasi penting lainnya.

Membuat panggilan mayday adalah hal yang sangat serius. Membuat panggilan mayday palsu adalah kejahatan federal di Amerika Serikat dan bisa mengakibatkan Anda dipenjara selama enam tahun dan atau denda hingga US$250 ribu atau sekitar Rp3,4 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya