Logo ABC

Jadi Tunawisma, Mahasiswa Asing Ini Tinggal di Perpustakaan

Six international students were caught living on campus
Six international students were caught living on campus
Sumber :
  • abc

VIVA – Mahasiswa internasional kesulitan menemukan tempat tinggal saat tiba Australia. Salah satunya bernama Akash (bukan nama sebenarnya). Mahasiswa asal Nepal ini tiba di Kota Port Macquarie, New South Wales, untuk kuliah di Universitas Charles Sturt.

"Awalnya saya tinggal di tempat backpacker," katanya. "Saya pikir hanya seminggu atau dua minggu. Tapi jadi lebih lama, satu setengah bulan."

Mahasiswa lainnya, sebut saja Diya, beruntung punya kerabat di Port Macquarie, tetapi dia pun masih kesulitan mencari tempat sendiri.

"Kami telah banyak mendaftar untuk sewa tempat tinggal. Kami ditolak karena kami mahasiswa. Itu jadi faktor risiko tinggi bagi agen perumahan. Jadi untuk mendapatkan tempat tinggal sendiri cukup sulit," katanya.

Bulan lalu, enam mahasiswa internasional diminta meninggalkan perpustakaan kampus Charles Sturt University (CSU) di Port Macquarie. Mereka kedapatan tinggal di fasilitas yang memang terbuka 24 jam tersebut.

Wakil Rektor CSU Jenny Roberts mengatakan para mahasiswa itu telah ditawari berbagai pilihan akomodasi.

"Para mahasiswa, yang datang ke Port Macquarie dari Sydney setiap minggunya untuk kuliah, ditawari berbagai pilihan akomodasi yang tersedia melalui CSU di Port Macquarie," katanya.