Logo BBC

Di Balik Mewahnya Mahasiswa yang Hidup di Luar Negeri

Ada sebagian kecil mahasiswa internasional yang mengendarai Lamborghini. - Getty Images
Ada sebagian kecil mahasiswa internasional yang mengendarai Lamborghini. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

VIVA – Siapa di antara Anda yang bisa melupakan masa-masa sulit, ketika Anda harus berhemat dengan hanya makan mi instan, karena dompet cekak atau utang mencekik? Atau minta kuah yang banyak dengan agar nasi putih Anda yang berlauk tempe rasanya sedikit lezat?

Tapi bagaimana dengan para mahasiswa internasional? Apakah Anda tahu, diantara mereka ada yang mengendarai mobil mewah Lamborghini dan nongkrong di klub-klub mewah?

Ini mungkin foto-foto yang terlihat berlebihan, diambil dari cuitan-cuitan di Twitter yang menjadi viral, foto tersebut merupakan lelucon yang memperolok para mahasiswa internasional yang menyantap perhiasan emas untuk makan siang - di saat yang lainnya meradang dan hanya makan semangkuk sup.

Lantas muncul foto-foto lain yang mengolok-olok gaya hidup mewah para mahasiswa ini membanjiri Twitter.

Banyak orang ingin menyorotinya dengan cerita yang berbeda, meskipun, mereka menunjukkan bahwa bagi banyak mahasiswa internasional ,gambar-gambar ini sangat jauh dari kenyataan

Biaya kuliah yang dihabiskan oleh mahasiswa internasional cenderung jauh lebih mahal dibanding mahasiswa dalam negeri dan Uni Eropa, dengan biaya sekolah, biaya hidup dan biaya visa rata-rata senilai £22.000 atau Rp427 juta setahun.

Selain itu, para calon mahasiswa ini harus menunjukkan bahwa mereka mampu membiayai kuliah - ditambah setidaknya uang saku sebesar £12.000 atau Rp233 juta untuk biaya hidup tahun pertama - biasanya mereka sudah punya tabungan di bank ketika mengajukan beasiswa.