Kisah Tragis Tokoh Mulan, Pahlawan Wanita dari China

Film Disney Mulan
Sumber :
  • Disney

VIVA – Mulan mungkin adalah salah satu film Disney yang paling inspiratif karena Mulan bukanlah seorang putri yang tak berdaya dan sopan yang harus diselamatkan oleh seorang pangeran yang tangguh. Dia sendiri sudah cukup tangguh untuk menghadapi tantangan apa pun.

Yuki Kato, Dion Wiyoko, Luna Maya Jadi Pengisi Suara Film Mulan

Film Mulan konon terinspirasi dari Hua Mulan, salah satu wanita paling legendaris di Tiongkok kuno. Kisah awalnya digambarkan dalam sebuah puisi yang dikenal sebagai Balada Mulan. Tidak ada bukti arkeolog bahwa dia adalah orang yang nyata, tetapi cerita-cerita tentang tindakan kepahlawanannya diceritakan dalam teks kuno. Meskipun ceritanya hanya didokumentasikan dalam literatur, tapi juga diajarkan di sekolah-sekolah China hingga kini.

Dalam bahasa China, Hua berarti bunga dan Mulan berarti magnolia. Bunga magnolia adalah salah satu simbol China sejak zaman kuno. Namun, ada informasi berbeda tentang akar legenda Mulan dan nama keluarganya tidak pasti. Dalam teks History of the Ming, nama keluarganya adalah Zhu, tetapi dalam History of the Qing itu adalah Wei. Satu-satunya informasi yang pasti adalah bahwa kisahnya terhubung dengan sejarah Tiongkok pada abad ke-4 atau ke-5.

Empat Penyanyi Wanita Indonesia Bawakan Soundtrack Film Mulan

Dikutip dari berbagai sumber, balada Mulan tertua yang diketahui terdiri dari 31 bait dan sebagian besar frasa lima karakter. Legenda Mulan telah ditulis dengan banyak versi, tetapi plotnya selalu sama: Mulan sedang mencuci pakaian ketika dia mendengar bahwa tentara merekrut prajurit baru.

Boikot hingga Kecaman untuk Film Mulan karena Isu Uighur dan Hong Kong

Untuk menyelamatkan ayahnya, Huan Hu yang sudah tua dan sakit-sakitan, dia memutuskan untuk menggantikan ayahnya di medan perang. Dia tahu bahwa ayahnya terlalu tua untuk perang, jadi dia memutuskan untuk menyamar menjadi pria untuk menjadi prajurit.

Kisah berlanjut dengan Mulan berangkat ke medan perang membawa pedang yang diwarisi dari nenek moyang keluarga. Dia berjuang selama 10 atau 12 tahun dan mendapatkan pangkat tinggi, tetapi menolak pangkat apapun dan pensiun ke kota kelahirannya sebagai gantinya. Selama perang, dia bertemu seorang perwira bernama Jin Yong dan jatuh cinta.

Setelah 10 tahun di medan perang, Mulan dipromosikan menjadi jenderal. Ketika Jin Yong mengetahui bahwa Mulan adalah seorang wanita, ia menjadi lebih dekat dengannya. Dalam banyak versi cerita, baik Mulan dan Jin Yong bermimpi untuk menikah. Belakangan, tentara lain juga mulai mengetahui bahwa Mulan adalah seorang wanita.

Suatu hari, sebelum pertempuran, Mulan memutuskan untuk pergi ke medan perang dengan pakaian wanita sehingga tentaranya menyadari identitas aslinya. Reaksi para prajurit itu penuh dengan rasa hormat dan kekaguman. Mereka diliputi oleh keberanian, keanggunan, dan kebijaksanaannya. Jadi, dia mengilhami pasukannya untuk memenangkan pertempuran sekali lagi.

Setelah kemenangan heroik lainnya, kaisar ingin memberi hadiah kepada Mulan. Dia terkejut bahwa prajuritnya yang paling berani adalah perempuan. Namun, Mulan tidak meminta apa pun kecuali seekor kuda untuk pulang.

Banyak versi cerita mengatakan bahwa ketika Mulan kembali ke rumah, dia menemukan bahwa ayahnya meninggal. Dalam cerita ini, dia tidak merasa seperti seorang pahlawan, tetapi sebaliknya karena kehilangan cinta dalam hidupnya. Dia juga digambarkan dihantui oleh pengalamannya di medan perang. Merasa kesepian dan disalapahami, legenda menyatakan bahwa dia memutuskan mengakhiri hidupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya